Kamis, 30/05/2024 - 14:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Menko PMK Minta Pemkab Tana Toraja Siapkan Lokasi Relokasi Warga Terdampak Longsor

In this photo released by the Indonesian National Search and Rescue Agency (BASARNAS), rescuers search for survivors at a village hit by a landslide in Tana Toraja district of South Sulawesi province, Indonesia, Monday, April 15, 2024. A search and rescue team found multiple people killed by landslides on Indonesia

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

 JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi lokasi terdampak bencana tanah longsor di Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Jumat (19/4/2024). Dalam kunjungan itu, Muhadjir memberikan arahan penanganan bencana tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Arahan pertama adalah terkait dengan perbaikan jembatan penghubung dua desa yang rusak, agar segera dibuatkan jembatan darurat. Hal itu dilakukan untuk memudahkan mobilisasi warga terutama bagi anak sekolah. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Cak Imin Janji Terus Perjuangkan Nasib Kaum Buruh

“Kalau bisa dalam satu-dua hari ini bisa selesai jembatan daruratnya. Pembangunannya dipimpin oleh Dandim, kerahkan satuan, untuk pembiayaannya dibantu oleh BNPB”, kata Muhadjir melalui siaran pers, Sabtu (20/4/2024).

Kedua, ia meminta dilakukan perbaikan jembatan secara permanen. Ia juga meminta Bupati Tana Toraja agar segera menginventarisir aset jalan yang rusak. Hal itu dilakukan demi efektifitas pembiayaan pembangunan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Ketiga, terkait rumah warga yang terdampak serta rumah warga yang memiliki risiko longsor, Muhadjir mewanti-wanti agar segera disedikan hunian sementara. Ia juga meminta agar warga dapat kepastian relokasi dan pembangunan hunian tetap selesai dilaksanakan.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja juga diminta segera mencari lahan relokasi untuk pembangunan hunian tetap bagi warga yang terdampak longsor. Proses pencarian lahan harus melibatkan Badan Geologi untuk pemetaan lahan yang aman. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Ketua KPU Minta MK Hadirkan Ahli Sistem Noken

Selain itu, Muhadjir juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK( untuk penyediaan lahan. Sebab, lokasi terdekat dengan wilayah terdampak merupakan area perhutanan.  

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

“Pembangunan rumah relokasi harus lebih baik, prinsipnya harus menggunakan desain rumah tahan longsor,” kata Muhadjir.

ADVERTISEMENTS

Bencana tanah longsor dilaporkan terjadi di Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, pada Sabtu (13/4/2024). Berdasarkan data hingga Senin (15/4/2024), terdapat 20 korban meninggal dunia akibat bencana tersebut. Selain itu, terdapat 74 warga yang mengungsi akibat terdampak bencana tanah longsor. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi