Sabtu, 04/05/2024 - 03:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Pertama di Dunia: Manusia Ketularan Flu Burung dari Sapi, Virusnya Ada di Susu Mentah

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa virus penyebab flu burung H5N1 telah ditemukan dalam susu sapi mentah di Amerika Serikat. WHO menyatakan bahwa virus H5N1 ditemukan dalam konsentrasi yang sangat tinggi pada susu sapi mentah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

H5N1 pertama kali ditemukan pada 1996, seperti dilansir The Sun. Akan tetapi, wabah flu burung dalam populasi burung mulai meningkat secara signifikan sejak 2020. Wabah ini menyebabkan matinya jutaan burung dan unggas liar di berbagai belahan dunia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sejak saat itu, H5N1 mulai menyerang mamalia, seperti kucing, beruang, rubah, cerpelai, pinguin, serta manusia. Pada awal April 2024, sapi juga dimasukkan ke dalam jajaran spesies yang disasar oleh H5N1 ini.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Amerika Serikat mengonfirmasi bahwa temuan H5N1 dalam susu sapi mentah telah dikonfirmasi atau masih dalam tahap investigasi di delapan negara bagian. Kedelapan negara bagian tersebut adalah Texas, Kansas, Michigan, New Mexico, Idaho, Ohio, North Carolina, dan South Dakota.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Manusia tak Punya Imunitas, Flu Burung Berpotensi Jadi Pandemi

Tak hanya menemukan H5N1, otoritas Amerika Serikat juga melaporkan satu kasus infeksi H5N1 pada manusia. Kasus ini ditemukan pada seorang pekerja peternakan susu di Texas. Pekerja tersebut diduga tertular H5N1 dari hewan ternak yang dia kelola.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kasus di Texas ini merupakan kasus pertama manusia tertular flu burung dari seekor sapi,” ungkap kepala program influenza global WHO, dr Wenqing Zhang, seperti dilansir Daily Mail pada Sabtu (20/4/2024).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Pekerja tersebut juga merupakan orang Amerika Serikat kedua yang pernah terinfeksi oleh flu burung sepanjang sejarah. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa pekerja tersebut mengalami infeksi yang ringan dan hanya menunjukkan satu gejala, yaitu peradangan pada satu matanya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pekerja tersebut kini sedang diisolasi dan menjalani pemulihan dengan baik. Tim dokter merawat pekerja tersebut dengan obat oseltamivir atau Tamiflu. Menurut para ahli, pekerja tersebut kemungkinan besar tidak menularkan virus kepada orang lain.

Berita Lainnya:
3 Negara Larang Celana Dalam Berenda, Apa Memang Berbahaya?

Dokter Zhang menjelaskan, H5N1 ditemukan dalam konsentrasi yang tinggi pada susu sapi mentah di Amerika Serikat. Susu ini berasal dari sapi yang terkena flu burung. Kini, para ahli sedang melakukan investigasi untuk mengetahui berapa lama virus H5N1 bisa bertahan dalam susu.

Berkaitan dengan temuan ini, Departemen Kesehatan Texas menyatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir soal pasokan susu komersial. Susu sapi mentah yang berasal dari sapi sakit akan dimusnahkan dan tidak akan dipasok dan diolah menjadi susu komersial.

Selain itu, proses pasteurisasi susu juga mampu membunuh virus, termasuk virus H5N1. Oleh karena itu, susu pasteurisasi yang dipasarkan secara luas aman untuk dikonsumsi.

“Penting juga bagi orang-orang untuk menerapkan praktik keamanan makanan, termasuk hanya mengonsumsi susu dan produk susu terpasteurisasi,” kata dr Zhang.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi