Minggu, 26/05/2024 - 22:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Quarter-Life Crisis Usik Dewasa Muda Umur 20-30, Apa Saja Pemicunya?

Perempuan muda mengalami quarter-life crisis. Pengalaman krisis setiap orang berbeda-beda, sehingga kondisi itu pun dapat terwujud dalam cara yang beragam.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Krisis seperempat baya atau quarter-life crisis bisa menyerang kalangan dewasa muda pada usia pertengahan hingga akhir 20-an serta awal 30-an. Siapa pun yang mengalaminya bisa merasakan kecemasan, keraguan terhadap diri sendiri, juga perasaan tanpa arah.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Profesional perawatan kecemasan Klinis bersertifikat Carrie Howard berpendapat, krisis seperempat baya sebenarnya merupakan bagian normal dari perkembangan seseorang. Itu bisa menjadi masa eksplorasi yang akan menghasilkan refleksi diri dan mendukung pertumbuhan pribadi.

Berita Lainnya:
Merasa tak Diprioritaskan Pasangan? Lakukan Ini Agar Hubungan tak Berantakan

“Orang dewasa muda pada dasarnya diberi tahu bahwa ini adalah saat terbaik dan paling menyenangkan dalam hidup mereka. Ketika kenyataan hidup tidak sesempurna yang mereka kira, hal ini dapat menimbulkan stres dan kecemasan dalam jumlah besar,” ujar Howard, dikutip dari laman Verywell Mind, Jumat (19/4/2024).

Howard menjelaskan, para pakar berpendapat terdapat dua tipe utama quarter-life crisis, yakni locked-in dan locked-out. Jenis krisis locked-in mengacu pada perasaan berkewajiban untuk tetap menjalankan suatu peran, meskipun merasa tidak puas dengan peran tersebut. Sementara, krisis locked-out mencakup rasa tidak berdaya ketika tidak mencapai tujuan yang diinginkan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Gen Kanker Payudara Baru Ditemukan pada Perempuan Keturunan Afrika

Bagaimanapun, pengalaman krisis setiap orang berbeda-beda, sehingga kondisi itu pun dapat terwujud dalam cara yang beragam. Kecemasan paling umum yang dihadapi kaum muda menurut Howard berkisar pada masih belum memiliki gagasan yang jelas tentang siapa diri mereka.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sebagian kalangan dewasa muda pun mengalami kesulitan menemukan makna, tujuan, dan rasa memiliki dalam hidup. Beberapa lainnya disebut Howard bergulat dengan kekecewaan dan frustrasi yang dialami oleh kehidupan, bahwa ternyata hidup tidak seperti yang mereka pikirkan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi