Selasa, 21/05/2024 - 21:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Asal Sampah Selama Musim Lebaran

Ilustrasi sampah pada masa Lebaran.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 KARAWANG — Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, Jawa Barat menyebut volume sampah selama musim libur Lebaran di daerah itu mengalami peningkatan menyusul munculnya tempat pembuangan sementara sampah liar di sejumlah wilayah sekitar.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Kabid Kebersihan, Pengelolaan Sampah, dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang Agus Mustaqim, di Karawang, Sabtu, mengatakan selama libur Lebaran sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang mencapai 1.200 ton per hari.

Jumlah volume sampah yang diangkut pada musim libur Lebaran itu meningkat 300 ton dibandingkan dengan hari-hari biasa yang sekitar 900 ton sampah diangkut dari tempat pembuangan sementara sampah ke TPA Jalupang.

Berita Lainnya:
Klub Presiden Ala Prabowo Dinilai Upaya Mematikan Oposisi

Ia menyampaikan terjadinya peningkatan volume sampah pada musim libur Lebaran itu karena meningkatnya konsumsi masyarakat. Hal itu terlihat dari jenis sampah yang diangkut merupakan sampah yang kebanyakan berasal dari limbah rumah tangga.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Sampah-sampah itu berasal dari sampah rumah tangga, pedagang sayur, dan buah-buahan serta ada penambahan sampah dari rest area (area istirahat),” katanya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Mundur dari Gerindra, Murjani Maju Pilkada Jalur Perseorangan

Kondisi itu memicu munculnya TPS liar di pinggir jalan sehingga mengakibatkan beban kerja pengangkutan sampah ke TPA Jalupang.

Ia meminta peran serta masyarakat agar lebih bijak dalam pengelolaan sampah. Sampah-sampah yang berpotensi bernilai ekonomis agar bisa dipilah sejak dari rumah.

ADVERTISEMENTS

“Jadi kami membutuhkan peran dari jajaran pengurus RT dan RW di setiap lingkungan untuk sama-sama memberikan edukasi kepada warganya agar tidak membuang sampah sembarangan, karena kami sudah menyediakan TPS di sejumlah titik,” katanya.

ADVERTISEMENTS

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi