Selasa, 21/05/2024 - 20:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kata Kementerian Perhubungan Soal Festival Balon Udara Wonosobo

Ilustrasi festival balon udara.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 WONOSOBO — Direktur Navigasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Sigit Hani Hadiyanto menyebut bahwa festival balon udara yang dilaksanakan di alun-alun Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, telah diizinkan dengan sejumlah ketentuan.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Festival balon udara yang dilaksanakan di Wonosobo ini telah memiliki izin pelaksanaan,” kata Sigit di sela menghadiri pelaksanaan acara puncak festival balon udara yang dilaksanakan di lapangan alun-alun Wonosobo, di Wonosobo, Ahad (21/4/2024).

Sigit menyampaikan perizinan diberikan melalui mekanisme sesuai ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Menteri 40 Tahun 2018 tentang Penggunaan Balon Udara pada Kegiatan Budaya Masyarakat.

Ia menjelaskan penerbangan balon udara dapat dilaksanakan sewaktu-waktu dan tidak hanya pada saat momen festival dengan ketentuan mematuhi persyaratan dan ketentuan perundangan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Jimly: Anggapan Pilpres 2024 Terburuk Itu Biasa

Sigit menyebut sejumlah ketentuan yang harus ditaati penyampaian permohonan izin yang harus disampaikan kepada instansi terkait dan juga pemenuhan ketentuan mengenai penggunaan tali tambatan, dimensi serta warna balon udara.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Selain itu tidak membawa bahan yang berbahaya, sehingga keselamatan penerbangan dapat terus terjaga dan tidak membahayakan keselamatan masyarakat sekitar.

“Semoga seluruh pihak yang terkait dapat terus bersinergi dalam melakukan pengendalian secara masif guna terus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan budaya ini dan melakukan penindakan apabila ditemukenali terjadi pelanggaran,” tutur Sigit.

ADVERTISEMENTS

Ditjen Perhubungan Udara juga melakukan pemantauan di lapangan selama perayaan festival balon udara.

ADVERTISEMENTS

Personel yang terlibat dalam pemantauan di lapangan terdiri dari personel Kantor Pusat Ditjen Hubud dan para pejabat struktural yang membidangi, inspektur navigasi penerbangan, inspektur keamanan penerbangan Kantor Otoritas Bandar Udara setempat.

Berita Lainnya:
Kata Satpol PP soal Heboh PKL Teriak 'Pemerintahan Bobby Bodoh' saat Sosialisasi

Sigit juga mengapresiasi tingkat kepatuhan masyarakat terhadap ketentuan PM 40 tahun 2018 yang meningkat, hal ini tergambar dari penurunan tren laporan gangguan balon udara yang disampaikan oleh para pilot kepada Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia.

“Jika terdapat beberapa aksi atau tindakan yg dipandang melanggar ketentuan,  mekanisme penanganannya dilakukan dengan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait dan aparat penegak hukum di lokasi ini,” kata Sigit.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi