Jumat, 03/05/2024 - 22:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Kisah Perang Paling Berbahaya yang Dialami Umat Muslim Tepat di Bulan Syawal

ADVERTISEMENTS

JAKARTA – Peristiwa penting yang terjadi pada bulan Syawal adalah berlangsungnya perang Hunain. Perang tersebut merupakan pertempuran terbesar yang diikuti oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Bahkan perang Hunain merupakan disebut sebagai perang paling berbahaya yang pernah dihadapi umat muslim.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Pada perang Hunain, jumlah umat muslim memiliki keunggulan lebih banyak daripada jumlah pasukan musuh. Tetapi, jumlah yang banyak tidak dapat berguna ketika jiwa seseorang tidak dipenuhi dengan iman. Pada saat itu, persiapan yang dilakukan oleh umat muslim sudah cukup sempurna dari segi fisik dan jumlah pasukan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Hal tersebut tidak berpengaruh karena pada saat yang sama dunia dan hawa nafsu sudah merasuk ke dalam hati dan jiwa mereka. Karena itulah, umat muslim saat itu terpecah di Lembah Hunain dan berlarian saat pasukan musuh menyerbu. Tetapi, untuk mengatasi hal tersebut, Nabi Muhammad SAW berteriak dan didengar oleh kaum Anshar dan Muhajirin sehingga dapat bersatu kembali dan melindungi Nabi Muhammad SAW. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Penumpang LRT Sumatra Selatan Capai 188.481 Orang Saat Libur Idul Fitri
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Akibat dari ketenangan yang telah bersatu pada hati dan jiwa dapat membawa mereka menuju kemenangan dan mengalahkan musuh – musuh. Seperti yang dijelaskan pada surat At Taubah ayat 25 – 27, Allah SWT berfirman,

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

لَقَدْ نَصَرَكُمْ اللّٰهُ فِي مَوَاطِنَ كَثِيرَةٍ وَيَوْمَ حُنَيْنٍ إِذْ أَعْجَبَتْكُمْ كَثْرَتُكُمْ فَلَمْ تُغْنِ عَنْكُمْ شَيْئاً وَضَاقَتْ عَلَيْكُمْ الأَرْضُ بِمَا رَحُبَتْ ثُمَّ وَلَّيْتُمْ مُدْبِرِينَ (٢٥) ثُمَّ أَنزَلَ اللّٰهُ سَكِينَتَهُ عَلَى رَسُولِهِ وَعَلَى الْمُؤْمِنِينَ وَأَنزَلَ جُنُوداً لَمْ تَرَوْهَا وَعَذَّبَ الَّذِينَ كَفَرُوا وَذَلِكَ جَزَاءُ الْكَافِرِينَ (٢٦) ثُمَّ يَتُوبُ اللّٰهُ مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ عَلَى مَنْ يَشَاءُ وَاللّٰهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ  (٢٧)

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Arab Latin : Laqad naṣarakumullāhu fī mawāṭina kaṡīrah(tin), wa yauma ḥunain(in), iż a‘jabatkum kaṡratukum falam tugni ‘ankum syai’aw wa ḍāqat ‘alaikumul-arḍu bimā raḥubat ṡumma wallaitum mudbirīn(a). Ṡumma anzalallāhu sakīnatahū ‘alā rasūlihī wa ‘alal-mu’minīna wa anzala junūdal lam tarauhā wa ‘ażżabal-lażīna kafarū, wa żālika jazā’ul-kāfirīn(a). Ṡumma yatūbullāhu mim ba‘di żālika ‘alā may yasyā'(u), wallāhu gafūrur raḥīm(un).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Empat Janji Allah kepada Orang Beriman

Artinya : “Sungguh, Allah telah menolong kamu (mukminin) di banyak medan perang, dan (ingatlah) perang Hunain, ketika jumlahmu yang besar itu membanggakan kamu, tetapi (jumlah yang banyak itu) sama sekali tidak berguna bagimu, dan bumi yang luas itu terasa sempit bagimu, kemudian kamu berbalik ke belakang dan lari tunggang-langgang. Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya dan kepada orang-orang yang beriman, dan Dia menurunkan bala tentara (para malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menimpakan azab kepada orang-orang kafir. Itulah balasan bagi orang-orang kafir. Setelah itu Allah menerima tobat orang yang Dia kehendaki. Allah maha Pengampun, Maha Penyayang.”

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi