Kamis, 30/05/2024 - 09:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Bangun untuk Sholat Subuh, Ini Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

JAKARTA — Istilah morning person disematkan pada orang-orang yang terbiasa bangun pagi. Bagi umat Islam, menjadi morning person adalah sebuah “keharusan” karena ada ibadah yang dilakukan sebelum matahari terbit yaitu Sholat Subuh. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Morning person dianggap sebagai hal yang positif, entah itu bagi kesehatan mental dan juga fisik. Mengutip laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI), umat Islam memiliki adab tersendiri ketika bangun tidur pada pagi hari.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Dalam Kitab Bidayat al-Hidayah karya Imam Abu Hamid Al Ghazali, diterangkan tentang adab seorang Muslim ketika bangun tidur. Adab paling utama adalah harus diusahakan bangun sebelum adzan subuh (sekitar pukul 04.30 WIB). Dalam hadistnya, Nabi Muhammad SAW mengingatkan untuk memaksimalkan ibadah di waktu tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَلَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ 

Artinya: “Rabb kita, tabaroka wa ta’ala, turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata, ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, Aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Aku ampuni’,” (HR Bukhari).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Setelah itu, adzan berikutnya adalah berzikir, dan diikuti dengan berdoa ketika bangun dari tidur dengan doa sebagai berikut:

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
Dokter Sarankan Penderita Asma Berkumur Usai Pakai Inhaler, Ini Gunanya

الْحَمْدُ للهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ للهِ وَالْعُظْمَةُ وَالسُّلْطَانُ ِللهِ وَالْعِزَّةُ وَالْقُدْرَةُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ الْإِسْلَامِ وَعَلَى كَلِمَةِ الْإِخْلَاصِ وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مَحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. أَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحَيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ. أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَبْعَثَنَا فِى هَذَا الْيَوْمِ إِلَى كُلِّ خَيْرٍ وَنَعُوْذُ بِكَ أَنْ نَجْتَرِحَ فِيْهِ سُوْأً أَوْنجْرِهِ إِلَى مُسْلِمٍ أَوْ يُجْرِهِ أَحَدٌ إِلَيْنَا. نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nyalah kami kembali. Aku memasuki pagi, sedang kekuasaan tetap hanyalah milik Allah, kemuliaan dan kekuasaan milik Allah pula. (Dialah) Tuhan seru sekalian alam. Aku menyongsong pagi dengan kesucian Islam dan dengan kalimat ikhlas (syahadat) serta dengan agama (yang dibawa) Nabi Muhammad SAW”.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Sementara itu, dilansir Times of India, menjadi morning person memiliki berbagai manfaat kesehatan dan keuntungan, berikut ini adalah tujuh di antaranya:

ADVERTISEMENTS

1. Peningkatan produktivitas

Pagi hari menawarkan waktu yang tenang dan tanpa gangguan untuk fokus pada tugas tanpa gangguan kehidupan sehari-hari. Dengan bangun pagi, Anda dapat menyelesaikan proyek penting, menetapkan tujuan hari itu, dan membangun momentum produktif sepanjang sisa hari.

Berita Lainnya:
Lansia Kerap Kekurangan 8 Nutrisi Penting Ini, Apa Saja?

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi cenderung lebih proaktif dan memiliki keterampilan manajemen waktu yang lebih baik, sehingga menghasilkan peningkatan produktivitas dan kesuksesan baik dalam upaya pribadi maupun profesional.

2. Peningkatan kejernihan mental dan kewaspadaan

Bangun pagi memungkinkan Anda memulai hari dengan pikiran jernih dan waspada. Saat otak Anda bertransisi dari tidur ke terjaga, fungsi kognitif seperti memori, konsentrasi, dan kemampuan pemecahan masalah dioptimalkan.

Dengan memanfaatkan kejernihan mental ini di pagi hari, Anda dapat melakukan tugas dengan lebih fokus dan efisien, sehingga menghasilkan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang lebih baik sepanjang hari.

3. Membangun rutinitas yang konsisten

Menerapkan rutinitas pagi membantu menciptakan suasana positif untuk hari itu dan membangun rasa struktur dan konsistensi dalam hidup Anda. Baik itu berlatih meditasi kesadaran, berolahraga, atau menikmati sarapan santai, menetapkan rutinitas dapat mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Konsistensi dalam bangun pagi dan mengikuti rutinitas pagi juga membantu mengatur jam internal tubuh, sehingga menghasilkan pola tidur dan kualitas tidur yang lebih baik secara keseluruhan.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi