Senin, 27/05/2024 - 04:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Beli Sepatu Rp 10 Jutaan Bea Masuk Rp 30 Juta, Netizen: Orang Becuk Mirip Kang Parkir Tempat Wisata

BANDA ACEH –  Kembali media sosial dihebohkan dengan postingan salah satu netizen yang memposting pajak atau bea masuk barang yang dibelinya di luar negeri.Pasalnya beli sepatu Rp 10 jutaan bea masuk Rp 30 juta yang menurutnya sangat tidak masuk diakal.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Dalam video yang diposting di akun TikTok @radhikaalthaf dilampirkan harga sepatu Rp 10.301.000 dengan biaya shipping Rp 1.204.000 dan total biaya untuk sepatu bola yang dibelinya Rp 11.505.000.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Akan tetapi saat diberitahukan oleh pihak jasa pengiriman bahwa biata sepatu yang dibelinya mencapai Rp 31.810.343.

“Itu perhitungan dari mana,” tanyanya.

Dalam video tersebut, pembeli sepatu juga mencoba untuk melakukan perhitungan pajak bea masuk sendiri, di mana berdasarkan perhitungannya dengan Bea Masuk ditambah PPN serta PPH hanya mencapai Rp 5.896.312.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Ini perhitungan yang gua pakai menggunakan aplikasi kalian, mobile bea cukai,” terangnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
PMI Siapkan Ratusan Tenda untuk Gaza

“Trus kalian menetapkan bea masuk sepatu gue dari mana perhitungannya,” tegasnya.

“Sepatu gue 10 juta tapi kalian kenakan bea masuknya 30 juta, gila lu, tolang lah bea cukai, sekarang mana ada sih bea lebih gede dari harga barangnya,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS

Video tersebut juga di posting ulang oleh akun X @PartaiSocmed yang memeprtanyakan kenapa harga bea masuk jauh lebih besar dari harga barang.

ADVERTISEMENTS

“Selamat siang pak @prastow.  Ini kok berulang terus ya kejadian di Bea Cukai? Masa beli sepatu harga 10 jutaan bea masuknya sampai 30 jutaan?,” tulis akun tersebut.

“Dan jika ada surat penetapan pembayaran bea masuk, cukai, pajak (sppbmcp), kenapa orangnya tidak dikasih tahu rinciannya?,” tambahnya.

Postingan ini terang mendapatkan berbagai komentar dari netizen dan menyamakan bea cukai layaknya tukang parkir tempat wisata.

“Lama2 orang becuk ini mirip kayak kang parkir tempat wisata, aji mumpung, matok tarif suka2 mereka,” tulis akun X@gb_sleepy.

Berita Lainnya:
Polisi Tetapkan 14 Orang Jadi Tersangka Insiden Balon Udara Meledak di Ponorogo

Sedangkan postingan video di akun TikTok@radhikaalthaf juga mendapatkan berbagai komentar dari netizen.

“Dia pake perhitungan dan kalkulator KPU bang. Coba hitung pake aplikasi Sirekap bang,” tulis akun @Myfr3sh.

Ada juga netizen yang mengomentari jika sepatu yang dipesan tersebut ditaksir oleh orang bea cukai dan dikenakan tariff mahal agar tidak bisa ditebus yang kemudian diambil oleh orang bea cukai.

“Itu bBea cukai nya suka ama sepatu lu bang, kalo kagak bayar ntar mau disita buat pakai sendiri, gw juga gitu import 1 juta moso bea masuk 1 juta juga,” tulis akun @ BigBro.

“Fungsi dr bea cukai apa sih….. selain memperkaya diri sendiri,” tulis akun@ Sinto Gendeng.

@radhikaalthaf selain menyita dan menahan barang, kali ini memalak tanpa dasar. mohon penjelasannya bang? @Bea Cukai RI ♬ original sound – thaf.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi