Minggu, 26/05/2024 - 21:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Korsel Protes Pemimpin Jepang Beri Penghormatan di Kuil Yasukuni

Upacara ini dilakukan untuk memperingati 75 tahun Perang Dunia II digelar di Kuil Yasukuni, Tokyo, Jepang, Sabtu (15/8).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

SEOUL — Korea Selatan (Korsel) memprotes kedatangan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida ke Kuil Yasukuni di Tokyo. Seoul mengatakan “sangat menyesali” tindakan tersebut dan meminta pemimpin-pemimpin Jepang menunjukkan penyesalan atas perang di masa lalu.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

China dan Korsel menganggap kuil itu sebagai simbol agresi militer Jepang di masa lalu. Kuil itu didirikan sebagai bentuk penghormatan pada 2,5 juta orang yang tewas di masa perang, tapi mencakup 14 pemimpin militer yang dinyatakan sebagai penjahat perang di tribunal Sekutu.

Berita Lainnya:
Kandidat Presiden AS Robert F Kennedy Jr Pernah Kena Parasit 'Pemakan' Otak, Apa Itu?

Setiap kali pemimpin Jepang memberikan penghormatan di kuil itu menuai kecaman. Dengan mengutip media Jepang, kantor berita Yonhap melaporkan Kishida dan sejumlah anggota kabinet memberikan penghormatan di kuil itu pada Ahad (21/4/2024).

“Pemerintah menyampaikan kekecewaan dan penyesalan yang mendalam karena para pemimpin Jepang kembali mengirimkan persembahan atau mengunjungi kuil Yasukuni yang mengagungkan perang agresi Jepang dan memuja penjahat perang,” kata Kementerian Luar Negeri Korsel dalam pernyataannya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dalam pernyataannya, Kementerian mengatakan Korsel meminta pemimpin Jepang untuk “menghadapi sejarah dengan jujur dan menunjukkan refleksi yang rendah hati dan pertobatan yang tulus” yang penting untuk memperbaiki hubungan dua negara. Kementerian tidak menyebutkan nama Kishida.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Massa Pro Israel Serang Pengunjuk Rasa Damai

Kementerian Luar Negeri Jepang belum dapat dimintai komentar. Hubungan dua negara membaik setelah pemerintah Presiden Yoon Suk Yeol menjadikan peningkatan kerjasama keamanan dengan Tokyo dan Washington, sebagai prioritas kebijakan luar negeri sejak menjabat pada 2022. Pekan lalu, para menteri keuangan kedua negara juga bergabung dengan Menteri Keuangan AS Janet Yellen dalam pertemuan trilateral pertama para pejabat tinggi keuangan

sumber : Reuters

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi