Sabtu, 04/05/2024 - 05:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Boga Group Buka Lowongan Kerja Usia di Atas 60, Ini Manfaat Kerja untuk Lansia

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Lowongan kerja yang dibuka Boga Group menyedot perhatian publik. Pasalnya lowongan tersebut ditujukan bagi orang berusia 60 tahun ke atas. Posisi yang ditawarkan yaitu sebagai server

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Lowongan yang diunggah di akun Instagram Boga Group itu memantik kontroversi karena ada yang menganggap bahwa lansia tak mampu lagi bekerja. Benarkah demikian?

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sejak awal 1990-an, semakin banyak pekerja lanjut usia yang menunda masa pensiun karena berbagai alasan. Salah satunya adalah terlalu banyak orang yang mencapai usia pensiun dengan sedikit atau tanpa tabungan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dilansir Fortune, pada 2022, 32 persen dari kelompok usia 65 hingga 69 tahun memiliki pekerjaan, naik sekitar seperempat dibanding tahun 2000. Pada dua dekade lalu, hampir 10 persen dari kelompok usia 55 tahun telah pensiun, sementara saat ini hanya sekitar 5 persen. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Laki-laki lanjut usia lebih cenderung bekerja dibandingkan perempuan lanjut usia, dan lansia yang memiliki gelar sarjana lebih besar kemungkinannya untuk bekerja dibandingkan mereka yang tidak memiliki gelar sarjana,” tulis catatan laporan terbaru dari Federal Reserve Bank of Minneapolis.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Apakah para pekerja lansia membahayakan kesehatan mental dan fisik mereka dengan bekerja beberapa tahun lagi? Atau apakah tetap terlibat dengan profesi kita benar-benar meningkatkan kesehatan secara keseluruhan?

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Tips Lamar Kerja untuk Usia 60 ke Atas, Praktikkan 8 Hal Penting Ini

“Pertanyaan sulit. Pekerjaan dapat memengaruhi kesehatan, namun pada saat yang sama kesehatan memengaruhi kemampuan untuk bekerja,” tulis seorang profesor kebijakan perawatan kesehatan di Harvard Medical School, Nicole Maestas. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Penelitian mengenai pengaruh bekerja terhadap kesehatan hasilnya beragam, namun cenderung positif. Yaitu, bagi banyak orang, bekerja lebih lama mempunyai manfaat kesehatan,” kata dia lagi.

Mengapa bekerja lebih lama dapat bermanfaat bagi kesehatan? Tindakan muncul di tempat kerja memerlukan gerakan fisik. Tugas yang berhubungan dengan pekerjaan dapat membuat otak tetap aktif. 

Namun sejauh ini, faktor terpenting yang berhubungan dengan kesehatan adalah bekerja dapat menawarkan koneksi dan keterlibatan sosial. Berbincang adalah hal yang umum dalam budaya bilik dan ruang istirahat pabrik. Beberapa orang menemukan tujuan dalam profesi mereka, apakah itu masinis yang memanfaatkan pengalaman bertahun-tahun untuk mengendarai kereta atau pekerja kantoran yang mengatur acara perusahaan.

Tinjauan terhadap 10 penelitian yang mengamati pengalaman pensiunan dari Australia, Jepang, dan Amerika Serikat, tidak menemukan dampak negatif apa pun dari bekerja atau menjadi sukarelawan setelah usia pensiun. Empat dari penelitian yang ditinjau mendokumentasikan hasil yang positif. 

“Pekerjaan, meskipun tidak menyenangkan dan sulit, memberikan kontak sosial. Bahkan rekan kerja yang tidak disukai dan atasan yang buruk, dapat diasumsikan, lebih baik daripada isolasi sosial, karena hal itu memberikan tantangan kognitif yang menjaga pikiran tetap sehat dan aktif,” kata ekonom Axel Borsch-Supan dan Morten Schuth.

Berita Lainnya:
Tips Sehat Konsumsi Hidangan Lebaran, Jangan Panaskan Makanan Bersantan Berulang-ulang

Apakah bekerja di usia pensiun pasti baik? Ternyata tidak selalu begitu. Luangkan waktu untuk melihat berbagai penelitian yang cermat, dan hasilnya sangat bervariasi. Apakah pensiun meningkatkan kesehatan dan kepuasan hidup? Ada bukti kuat yang menemukan bahwa pensiun akan meningkatkan kesehatan tubuh, mental, dan kepuasan hidup.

Bagi mereka yang memiliki karier bagus dan tunjangan yang bagus, masa pensiun mungkin berarti saatnya mencoba karier baru, bereksperimen dengan wirausaha, mencari pekerjaan paruh waktu, atau tetap bekerja di perusahaan saat ini selama beberapa tahun lagi. Pekerjaan adalah aktivitas yang menarik, menawarkan tujuan dan gaji. Bahkan dengan adanya beberapa ketidakmampuan ringan terkait usia, pekerjaan dapat membantu menjaga orang lanjut usia tetap aktif secara fisik dan mental. Pekerjaan dan kesehatan saling mendukung dalam siklus yang baik.

Namun banyak orang menghabiskan masa kerja mereka dengan upah rendah, saat bekerja di perusahaan yang tidak menawarkan program tabungan pensiun dan asuransi kesehatan kepada karyawannya. Kesehatan yang buruk adalah alasan utama orang pensiun dini, dan bukti jelas bahwa kesenjangan kesehatan sangat parah di kalangan pekerja dengan pendidikan formal yang lebih rendah, pekerja dengan upah rendah, dan kelompok minoritas. Pekerjaan dan kesehatan berada dalam siklus menurun.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi