Kamis, 23/05/2024 - 04:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Dosen Ilmu Komunikasi Berikan Kuliah di Universiti Utara Malaysia

Dua dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) memberikan kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM), Ahad (21/4/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Dua dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) memberikan kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM), Ahad (21/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Keduanya ialah Dr Tria Patrianti, MIKom, dari konsentrasi Public Relation, dan Dr Oktaviana Purnamasari, MSi, dari konsentrasi Advertising. Agenda tersebut merupakan program visiting lecturer yang merupakan kerja sama antara FISIP UMJ dengan kedua perguruan tinggi tersebut.

Peserta visiting lecturer merupakan mahasiswa jenjang S1 dari program Komunikasi dan Corporate Communication, serta pekerja sosial. Selama satu jam, mereka mendapatkan materi berupa konsep keilmuan, praktik, studi kasus dan hasil riset dalam konteks Indonesia.

Berita Lainnya:
Kolaborasi FT UMJ dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Jakarta Utara Dalam Pengmas

Tria Patrianti yang memiliki fokus kajian komunikasi lingkungan memberikan kuliah bertema “Climate Change Communication & Public Relations For Sustainability Action”. Tria menjelaskan peran Public Relation dalam upaya penyelesaian masalah perubahan iklim.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Tria menjabarkan hasil riset yang berkaitan dengan komunikasi lingkungan yaitu Program Kampung Iklim Pekayon Jaya yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Masyarakat di Kampung Iklim Pekayon Jaya, turut berpartisipasi aktif dalam mengkomunikasikan, mendidik, dan meningkatkan kesadaran akan tindakan mitigasi dan adaptasi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kampung Iklim merupakan medium untuk menyebarluaskan pesan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Indonesia. Hasil riset ini juga diaplikasikan dalam  pengabdian masyarakat bersama mahasiswa dari FISIP dan Fakultas Teknik UMJ.

Berita Lainnya:
Persiapan Mahasiswa POR FIP UMJ Wahyu Setiawan untuk Asian Relays 2024

Kepada para mahasiswa peserta visiting lecturer, Tria menjelaskan bahwa riset dan pengabdian masyarakat itu menghasilkan temuan bahwa pendekatan PR sangat tepat dalam merancang pesan persuasif dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan aksi mitigasi dan Adaptasi perubahan iklim.

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, Oktaviana Purnamasari memberikan kuliah bertema “Copywriting for Corporate Branding”. Okta menyebut copywriting sebagai alat branding paling kuat. Hal itu dikarenakan copywriting adalah keterampilan dalam menyusun pesan persuasif sehingga mendorong orang untuk mengambil tindakan.

ADVERTISEMENTS

Ia membagikan hasil risetnya tentang tentang copywriting berbasis empathy pada global brand makanan cepat saji di Indonesia saat pandemi. Hasil riset yang ditulis bersama mahasiswa ini telah diterbitkan di Jurnal Nasional terakreditasi.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi