Kamis, 30/05/2024 - 13:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Hujan, Petir, dan Angin Kencang Masih Intai Jatim Sepekan ke Depan

SURABAYA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas I Juanda mengingatkan hujan lebat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi melanda Jatim sepekan ke depan.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi kelas I Juanda Taufiq Hermawan menjelaskan, sebagian besar wilayah Jawa Timur masih dalam masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Selain itu, terdapat gangguan gelombang Ekuatorial Rossby dan MJO yang mendukung terbentuknya awan-awan konvektif yang masif di wilayah Jawa Timur. Taufiq pun mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi di sebagian besar wilayah Jatim.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Jangan Lupa Payung dan Jas Hujan Ya Gaes, Hari Ini Diprediksi Hujan

“Mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap peningkatan kecepatan angin dan potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang selama sepekan ke depan,” kata Taufiq, Selasa (23/4/2024).

Berdasarkan data BMKG Stasiun Geofisika Kelas II Pasuruan, intensitas sambaran petir di Jatim juga masih tinggi. Dalam sepekan, tepatnya mulai 15 hingga 21 April 2024, telah terjadi sebanyak 17.898 sambaran petir di wilayah Jawa Timut.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Terdiri atas Cloud to Ground positif (CG+) sebanyak 6.676 sambaran, Cloud to Ground Negatif (CG-) 7.985 sambaran, dan jenis Intra/Inter Cloud sebanyak 3.237 sambaran.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
Warga Papua Tolak Sjafrie Sjamsoeddin Jadi Menteri Kabinet Prabowo

Daerah-daerah di Jatim yang perlu meningkatkan kewaspadaan adalah Kabupaten Bangkalan, Banyuwangi, Kota Batu, Kabupaten Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jombang, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Lamongan, Lumajang, Kota Madiun, dan Kabupaten Madiun.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kemudian Kabupaten Magetan, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kabupaten Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kabupaten Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Kota Surabaya, Kabupaten Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, Probolinggo, Kabupaten Blitar, Kabupaten Pasuruan, Jember, Ponorogo, Sumenep, Kota Blitar, dan Pamekasan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi