Rabu, 22/05/2024 - 23:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

BNPB: Penanganan Darurat Korban Terdampak Erupsi Gunung Ruang Berjalan dengan Baik

Foto yang disediakan Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional Indonesia (BASARNAS) ini menunjukkan sebagian desa di pulau Tagulandang yang tertutup abu letusan Gunung Ruang di pulau Sulawesi, Jumat, (19/4/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

MANADO – Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Jarwansyah, mengatakan upaya tim satgas gabungan dalam penanganan darurat dan penyelamatan masyarakat terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulut berjalan dengan baik.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Hingga sejauh ini tidak ada laporan jatuhnya korban jiwa atas bencana vulkanologi tersebut sehingga hal ini tentunya harus disyukuri,” katanya dalam rilis diterima di Manado, Rabu (24/4/2024).

Dia mengatakan situasi pascaerupsi sudah normal, kapal-kapal sudah beroperasi untuk evakuasi dan pengiriman logistik, sedangkan BNPB akan tetap mendukung pendampingan dalam penanganan bencana.

Berita Lainnya:
Tak Tahan Komentar Pedas Warganet, Selebgram Undip Minta Maaf

Kendati demikian, ia memberikan beberapa catatan yang dapat dijadikan acuan terkait dengan upaya penanganan darurat menuju fase pemulihan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Pendataan masyarakat terdampak menurut masih menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Data-data ini yang nantinya akan menjadi dasar serta acuan pemenuhan kebutuhan, termasuk ketika program rehabilitasi dan rekonstruksi dijalankan secara paralel,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Jarwansyah juga mengingatkan seluruh pemangku kepentingan terus mencermati segala hal yang dianggap perlu dan kurang tertangani dengan baik, mengingat status tanggap darurat akan berakhir pada 29 April 2024.

Dia mengatakan pendampingan, termasuk keamanan, harus tetap dilakukan TNI dan Polri mengingat aduan masyarakat yang takut kehilangan ternak.

ADVERTISEMENTS

“Bahwa status darurat berakhir pada tanggal 29 April 2024. Perlu diperhatikan untuk langkah-langkah ke depannya. Pengungsi perlu dikawal karena banyak dari mereka yang takut kehilangan hewan ternak dan bagaimana mereka memberikan makanan bagi hewan ternaknya,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Sekda Kabupaten Kepulauan Sitaro Denny Kondoj mengatakan hingga Senin (21/4) terdapat 3.582 pengungsi yang sudah ditangani dengan baik.

Berita Lainnya:
UEA Letakkan Batu Pertama Pusat Penelitian Mangrove Mohamed bin Zayed-Joko Widodo

Tantangan yang dihadapi tim satgas gabungan ini tentang warga yang mengungsi secara mandiri di pegunungan agar tetap termonitor dan terpenuhi kebutuhan dasar, termasuk layanan kesehatan.

“Adapun sebanyak 3.614 rumah mengalami kerusakan akibat dampak erupsi Gunung Ruang yang tersebar di dua kelurahan dan 13 kampung,” kata dia.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi