Kamis, 23/05/2024 - 05:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Kementan Terbitkan Rekomendasi PSR 5.989 Hektare Kebun Sawit di Kalsel

Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dengan luas lahan 5.989 hektare bagi 3.089 pekebun kelapa sawit, (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

KOTABARU — Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Ditjenbun Kementan) RI telah menerbitkan rekomendasi teknis pelaksanaan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dengan luas lahan 5.989 hektare bagi 3.089 pekebun kelapa sawit di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma Ditjenbun Kementan Ardi Praptono di Kotabaru, Kalsel, Rabu (24/4/2024), mengatakan sejak 2017 Kementan telah menerbitkan rekomendasi teknis PSR seluas 337.647 hektare bagi 150.770 pekebun se-Indonesia, termasuk yang ada di Kalimantan Selatan.

“Ini adalah upaya pemerintah memacu peningkatan produksi dan produktivitas kelapa sawit rakyat,” ujarnya usai menanam simbolis kelapa sawit program PSR tumpang sari Padi Gogo bersama Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) di Kebun Koperasi Usaha Dagang (KUD) Gajah Mada binaan PT Tapian Nadenggan di Desa Telagasari, Kabupaten Kotabaru.

Berita Lainnya:
Pensiunan Guru Sukses Bangun Usaha Jamu Tradisional Bersama PNM Mekaar

Ia menyebutkan selain memacu produktivitas kelapa sawit, juga meningkatkan kualitas kelapa sawit, yang dilakukan melalui penggantian tanaman tidak produktif menggunakan benih berkualitas dengan penerapan Good Agriculture Practices (GAP).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Selain itu, kita juga memfasilitasi pekebun dengan pemanfaatan dana melalui badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit (BPDP-KS) yang dilaksanakan melalui kegiatan peremajaan sawit, sarana dan prasarana, penelitian, serta pengembangan sumber daya manusia perkebunan kelapa sawit,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ardi mengatakan pula, meskipun capaian peningkatan produktivitas kelapa sawit lewat program PSR terbilang sudah baik, namun masih perlu ditingkatkan agar pemenuhan produksi bahan baku komoditas kelapa sawit konsisten terjaga dan berkelanjutan.

Berita Lainnya:
Prediksi Sandiaga, 300 Ribu Wisatawan Saksikan Puncak Waisak di Candi Borobudur

Karena itu, ia berharap para pengusaha kelapa sawit dapat duduk bersama dengan pemerintah untuk mencari solusi bersama dari berbagai persoalan yang menghambat peningkatan produksi kelapa sawit.

ADVERTISEMENTS

Menurut dia, perusahaan kelapa sawit bersama pekebun perlu meningkatkan kemitraan melalui lembaga terkait, agar saling menguntungkan, saling bertanggungjawab, serta saling memperkuat guna menjawab tantangan pola kemitraan perkebunan kelapa sawit.

ADVERTISEMENTS

“Dengan adanya hubungan yang baik antara perusahaan dengan pekebun, maka tercipta iklim usaha yang sehat pada masa yang akan datang khususnya sektor kelapa sawit,” ujar Ardi.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi