Sabtu, 04/05/2024 - 15:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Sunak Berjanji Naikan Anggaran Pertahanan Inggris

ADVERTISEMENTS

 LONDON — Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan ia akan menaikan anggaran pertahanan menjadi 2,5 persen Produk Domestik Bruto (PDB) untuk mencapai 87 miliar poundsterling atau 108 miliar dolar AS pada tahun 2030. Ia mengatakan Inggris tidak akan berpuas diri saat dunia dalam keadaan paling berbahaya sejak Perang Dingin.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Sunak ditekan Partai Konservatif untuk meningkatkan anggaran pertahanan lebih cepat. Setelah ia mengatakan ia dapat melakukan hanya bila “kondisi ekonomi memungkinkannya.” Kenaikan anggaran pertahanan dari 2,32 persen dari PDB ini tidak hanya akan disambut baik dari partai perdana menteri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Namun juga akan memperlemah penantang di pemilihan umum berikutnya. Di mana Partai Konservatif diperkirakan akan kalah. Pengumuman ini juga disambut baik Sekretaris Jenderal Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg yang meminta negara anggota memenuhi komitmen anggaran pertahanan dua persen dari PDB.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kami tidak bisa berpuas diri saat dunia berada dalam keadaan paling berbahaya sejak berakhirnya Perang Dingin, saat musuh-musuh kami bersatu, kami harus bertindak lebih untuk membela negara, kepentingan dan nilai-nilai kami,” katanya dalam konferensi pers dengan Stoltenberg, Selasa (23/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Hari ini merupakan titik balik keamanan Eropa dan momen penting bagi pertahanan Inggris. Ini investasi antar generasi di keamanan dan kemakmuran Inggris, yang membuat kami lebih aman di dalam negeri dan lebih kuat di luar negeri,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Israel Serang WCK, Kanada: Itu tidak Terjadi Begitu Saja, Harus Diselidiki

Pemerintah Inggris mengatakan pertahanan akan mendapatkan tambahan anggaran sebesar 75 miliar pounds selama enam tahun. Menjadikan Inggris negara dengan anggaran pertahanan terbesar kedua di NATO.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Pengumuman ini disampaikan setelah Sunak berjanji meningkatkan bantuan militer ke Ukraina sebesar 500 juta pounds sehingga total bantuan ke negara itu untuk tahun finansial tahun ini menjadi tiga miliar pounds. Janji yang disambut baik Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pada wartawan yang ikut dengannya dalam perjalanan ke Warsawa, Polandia, Sunak mengatakan ia terlibat dalam perjalanan itu. Sebab ia berbicara dulu dengan Zelenskyy mengenai paket bantuan dan sistem pertahanan udara yang dibutuhkan Ukraina.

Zelenskyy berulang kali meminta lebih banyak sistem pertahanan udara untuk melindungi rakyat Ukraina dari semakin intensifnya pengeboman yang dilakukan Rusia. Jerman negara pertama NATO yang memenuhi permintaan itu dan meningkatkan pengirimannya.

Ditanya apakah Inggris mendukung usulan Jerman untuk mendapatkan lebih banyak sistem pertahanan udara. Sunak menegaskan apa yang sudah dikirim Inggris dan paket bantuan baru termasuk 60 kapal, lebih dari 1.600 rudal sistem pertahanan udara dan hampir 4 juta amunisi juga akan membantu Ukraina.

Inggris mengirimkan sistem pertahanan udara anti-rudal Sky Sabre untuk Polandia sebagai upaya membantu pertahanan negara itu. “Jadi saya sepakat pertahanan udara merupakan bidang yang penting di mana Ukraina perlu bantuan. Dan memang saya berbicara dengan Zelenskyy lewat telepon pagi ini,” katanya.

Berita Lainnya:
Irak Peringatkan Bahaya Eskalasi Militer di Konflik Israel-Iran

“Dan saya dan ia membicarakan pertahanan udara, salah satu dari banyak yang kami bahas,” tambah Sunak. Ia menambahkan akan membahas masalah ini dengan Stoltenberg, Perdana Menteri Polandia Donald Tusk dan Kanselir Jerman Olaf Scholz. Zelenskyy menyambut baik paket bantuan baru tersebut.

“Storm Shadow dan rudal lain, ratusan kendaraan lapis baja dan kendaraan air, amunisi, semua ini diperlukan medan perang,” kata Zelenskky di media sosial X. Sunak mengulang argumennya Inggris kerap menjadi negara pertama yang mengirimkan senjata ke Ukraina. Ia mendesak negara-negara Eropa memenuhi komitmen NATO mereka.

“Kami juga melakukan hal yang benar dan di saat yang sama itulah mengapa penting Eropa berinvestasi pada keamanan mereka sendiri. Terdapat berita yang sangat baik dari Amerika Serikat pada akhir pekan tapi itu tidak menjauhkan kebutuhan Eropa untuk berinvestasi pada keamanannya sendiri,” kata Sunak.

Ia akan berkunjung ke Polandia dan Jerman dalam perjalanan luar negeri pertamanya dalam beberapa bulan. Tur ini bertujuan untuk menunjukkan pada partainya yang bergejolak ia masih memegang kendali menjelang pemilihan umum tahun ini.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi