Minggu, 05/05/2024 - 00:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Viral Mahasiswi Bandung Diduga Curi Barang Teman Sekost, Apa Beda Klepto dan Murni Maling?

ADVERTISEMENTS

Kleptomania dan 'murni' mencuri memiliki beberapa perbedaan signifkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Kata “klepto” sempat menjadi trending topic di aplikasi X pada Kamis (24/4/2024) pagi. Hal ini bermula dari unggahan akun X @yipiie*** tentang teman satu indekosnya yang diduga mencuri barang-barang rekan kos yang lain. Barang-barang yang diambil mulai dari baju, sepatu, hingga celana dalam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Perempuan berinisial A yang diduga mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung, Jawa Barat, ini disebut memamerkan sebagian barang-barang tersebut di media sosialnya. “Dia anak Unik*m, di socmed hedon abiez, dia ini anak kost baru di gedung kita. Nah dari dia pindah banyak banget barang yang hilang (sendal, sepatu, baju-baju, daleman),” tulis akun tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Unggahan tersebut menjadi perbincangan di X. Banyak yang terheran mengapa sampai pakaian dalam pun dicuri. Sebagian menduga bahwa A menderita keptomania. Sebagian lagi berpikir bahwa itu murni mencuri atau maling.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Sebernarnya, apa perbedaan klepto dan tindakan “murni” mencuri? Dilansir laman Healthline pada Kamis (25/4/2024), mencuri adalah tindakan mengambil sesuatu yang bukan miliknya tanpa izin. Ketika mendengar kata “mencuri”, orang sering membayangkan aksi mendobrak rumah atau pengutil yang mencoba menyelundupkan produk-produk berharga keluar dari toko.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kita memikirkan ‘penjahat karier’ atau mencuri demi keuntungan pribadi yang tidak jujur,” dikutip dari artikel Healthline yang ditinjau oleh psikolog klinis Dillon Browne, PhD. Meskipun mencuri bisa merupakan pencurian kriminal yang tidak jujur, hal ini juga bisa disebabkan oleh kontrol impuls yang buruk atau gangguan kompulsif yang membuat ketagihan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Penggemar Buat Artwork Keanu Reeves dalam Peran Impiannya di Film DC

Sementara itu, kleptomania atau pencurian kompulsif adalah penyebab umum pencurian yang banyak kurang disadari. Jenis pencurian ini adalah tentang dorongan psikologis dan bukan keinginan untuk mendapatkan keuntungan atau mendapatkan sesuatu yang bersifat materi atau finansial.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Hal itu sebagaimana didefinisikan oleh Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Edisi ke-5. Kleptomania adalah kegagalan berulang dalam menahan keinginan untuk mencuri.

Dalam kebanyakan kasus kleptomania, orang tersebut mencuri barang-barang yang tidak diperlukannya. Barang-barang yang dicuri sering kali nilainya kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Sering kali mereka dapat dengan mudah membeli barang tersebut jika memutuskan untuk membayar.

“Hal ini tidak seperti kebanyakan kasus pencurian kriminal, di mana barang dicuri karena diperlukan atau karena harganya sangat mahal atau berharga,” lanjut laporan itu.

Penderita kleptomania merasakan dorongan yang kuat untuk mencuri disertai kecemasan, ketegangan, dan gairah yang mengarah pada pencurian serta perasaan senang dan lega selama mencuri. Banyak penderita kleptomania juga merasa bersalah atau menyesal setelah tindakan mencuri selesai, namun kemudian tidak mampu menahan keinginan tersebut.

Penderita kleptomania biasanya mencuri secara spontan dan sendirian, sedangkan sebagian besar pencurian kriminal telah direncanakan sebelumnya dan mungkin melibatkan orang lain.

Berbeda dengan pencurian kriminal, barang-barang yang dicuri oleh penderita kleptomania jarang digunakan. Kemungkinan besar mereka akan menyimpannya, membuangnya, atau memberikannya kepada teman dan keluarga.

Penyebab lain mencuri

Banyak faktor lain selain kleptomania yang dapat menyebabkan seseorang mencuri. Beberapa orang mencuri sebagai alat untuk bertahan hidup karena kesulitan ekonomi. Yang lain hanya menikmati kesibukan mencuri, atau mencuri untuk mengisi kekosongan emosional atau fisik dalam hidup mereka.

Berita Lainnya:
Rumornya Semakin Santer, HYBE Diduga Terkait dengan Sekte Dahn World

Mencuri mungkin disebabkan oleh rasa iri, rendah diri, atau tekanan teman sebaya. Masalah sosial seperti perasaan dikucilkan atau diabaikan juga dapat menyebabkan pencurian. Orang mungkin mencuri untuk membuktikan kemandirian mereka, untuk bertindak melawan keluarga atau teman, atau karena mereka tidak menghormati orang lain atau diri mereka sendiri.

Faktor risiko yang dapat menyebabkan kleptomania

Ada berbagai faktor dapat menyebabkan kleptomania. Genetika dan biologi mungkin menjelaskan beberapa penyebab utama yang meliputi:

  • Menderita penyakit mental lainnya termasuk gangguan bipolar, gangguan kecemasan, gangguan penggunaan narkoba, atau gangguan kepribadian (Hubungannya tampaknya paling kuat dengan gangguan obsesif-kompulsif.)
  • Masalah dengan rendahnya tingkat serotonin, yang menyebabkan peningkatan perilaku impulsif
  • Hubungannya dengan gangguan kecanduan, karena mencuri dapat melepaskan aliran dopamin yang menyebabkan kecanduan
  • Ketidakseimbangan dalam sistem opioid otak, yang mengontrol dorongan
  • Riwayat keluarga kleptomania atau kecanduan
  • Perempuan, karena dua pertiga orang yang didiagnosis menderita kleptomania adalah perempuan
  • Trauma kepala seperti gegar otak
  • Trauma psikologis, terutama trauma pada usia muda, juga dapat berkontribusi terhadap berkembangnya kleptomania.
  • Disfungsi keluarga juga dapat menyebabkan anak-anak mencuri, yang dapat memicu kecenderungan kleptomania bila dikombinasikan dengan gangguan mood atau kecanduan lainnya.

Mencuri pada anak-anak versus orang dewasa

1. Pada anak-anak

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi