Jumat, 17/05/2024 - 08:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

OPM Serang Polsek Homeyo di Intan Jaya, Satu Warga Meninggal

JAYAPURA — Organisasi Papua Merdeka (OPM) berulah kembali dengan menyasar instansi kepolisian. Satgas Operasi Damai Cartenz mengabarkan pada Selasa (30/4/2024), OPM menyerang Polsek Homeyo di Kampung Pogapa, Distrik Homeyo di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Satu warga asal Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), dilaporkan menjadi korban dan meninggal dalam serangan tersebut. Kastagas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno, melaporkan, serangan bersenjata itu terjadi pada Selasa sekitar pukul 07.40 WIT.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Baca: Koops Habema TNI Tembak Dua OPM di Nduga, tapi Bisa Kabur

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Dalam aksi penyerangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB-OPM) itu, mengakibatkan satu warga atas nama Alexander Parapak, laki-laki usia 20 tahun meninggal dunia terkena tembakan dari KKB,” kata Bayu dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
8 Tahun Tak Tuntas! Menguak Kronologi Rinci Kasus Pemerkosaan dan Pembunuhan Vina di Cirebon 2016 Silam

Menurut dia, korban terkena luka tembak peluru tajam di bagian dada kiri, yang menembus ke bagian punggung bagian belakang. Dalam laporan tersebut dikatakan, penyerangan oleh OPM diketahui mulanya dari suara rentetan tembakan senjata api yang mengarah ke kompleks rumah dinas Polres Homeyo.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Rumah yang ditempati Aipda Tri Setyo dan Aipda Bartholemeus yang menjadi sasaran. Dari suara tembakan tersebut, personel jaga sempat melakukan tembakan balasan ke arah sumber suara tembakan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Baca: Menghadapi Brutalnya OPM Harus dengan Kekuatan Militer

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Saat dilakukan tembakan balasan sekelompok orang, sekitar enam orang yang diduga sebagai KKB terlihat berlari ke arah bangunan SD Inpres Pogapa,” kata Bayu.

ADVERTISEMENTS

Selanjutnya, kepolisian setempat melakukan penyisiran di perimeter aman untuk memastikan kelompok penyerang. Dari identifikasi di lapangan, kata Bayu, diduga penyerangan itu dilakukan pentolan separatis lokal Keni Tipagau dari Kodap VIII Kemabu.

ADVERTISEMENTS

Tetapi, personel kepolisian belum berhasil melakukan penangkapan. “Sampai saat ini, Operasi Damai Cartenz sudah berada di lokasi kejadian, dan melakukan langkah-langkah penegakan hukum terhadap KKB tersebut,” kata Bayu.

Berita Lainnya:
Warga Diduga Teroris OPM Akhirnya Dilepaskan Setelah tak Terbukti

Baca: TNI Ganti Nama KST dan KKB Menjadi Organisasi Papua Merdeka

Menurut dia, situasi keamanan masyarakat di wilayah kejadian, sampai saat ini masih dalam kondisi normal dan kondusif. “Operasi Damai Cartenz tetap melakukan peningkatan kesiap-siagaan untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat,” ujar Bayu.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi