Kamis, 16/05/2024 - 01:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menaker Pastikan Pemerintah Terus Upayakan Peningkatan Kompetensi SDM

JAKARTA — Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan pemerintah terus melakukan upaya mendukung peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Terlebih dalam menghadapi dinamika sektor ketenagakerjaan saat ini dan terus mendorong kolaborasi dengan dunia usaha serta serikat pekerja.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Untuk membantu teman-teman pekerja agar mampu memiliki keterampilan dan kompetensi, kami di Kementerian Ketenagakerjaan juga telah menyiapkan program di antaranya adalah pembangunan BLK Komunitas berbasis serikat pekerja/serikat buruh,” ujar Menaker Ida Fauziyah dalam konferensi pers usai acara puncak peringatan Hari Buruh (May Day) 2024 di Jakarta Utara, Rabu (1/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dia menjelaskan, pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) dengan basis serikat pekerja dan buruh itu sudah dimulai sejak 2021. Sebagai bagian upaya meningkatkan kapasitas pekerja Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Selain itu, terdapat juga BLK dan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) yang berada di bawah Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terbuka bagi pekerja/buruh yang ingin meningkatkan keterampilan dan kompetensi. Karena berbagai instrumen peningkatan keterampilan disediakan pemerintah tidak hanya untuk membekali keterampilan (skilling) bagi angkatan kerja baru, tapi juga meningkatkan keterampilan (up skilling) dan alih keterampilan (re-skilling) bagi mereka yang sudah bekerja.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Khusus Hari Buruh, Penumpang Kereta Jarak Jauh Bisa Naik dari Jatinegara

Namun, Ida mengatakan, berbagai fasilitas tersebut masih belum dapat mencakup seluruh pekerja yang ada di Tanah Air. Untuk itu, kolaborasi dengan pemangku kepentingan ketenagakerjaan yang lain diperlukan termasuk dunia usaha dan serikat pekerja/buruh.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Hal itu sesuai dengan tema peringatan Hari Buruh yang diusung Kemnaker pada tahun ini yaitu “May Day 2024: Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten.”

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Maka kami mendorong kepada perusahaan-perusahaan Indonesia untuk sama-sama menghadapi dinamika ketenagakerjaan yang cukup luar biasa ini, sama-sama antara serikat pekerja/buruh, teman-teman perusahaan dan industri dan pemerintah berkolaborasi meningkatkan skill dan kompetensi,” jelas Ida.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Dilarang Bawa Senjata Api, 3.412 Personel TNI-Polri Amankan Demo Buruh Hari ini

Di saat yang sama, kompetensi tenaga kerja harus didukung sertifikasi sebagai bukti dan pengakuan atas kemampuan sementara untuk mendapatkan sertifikasi maka diharuskan mengikuti uji kompetensi. Sertifikasi itu juga diperlukan agar dapat bersaing di tingkat global.

ADVERTISEMENTS

Ida mengatakan Kemnaker terus berupaya memperbanyak tenaga kerja yang memiliki sertifikasi kompetensi. Berdasarkan data Kemnaker, selama 2011 hingga Desember 2023 terdapat tenaga kerja Indonesia yang tersertifikasi sebanyak 6.996.410 orang.

ADVERTISEMENTS

“Kita ingin tenaga kerja kita memiliki daya saing di pasar global. Untuk itu, kita bertekad untuk terus memperbanyak tenaga kerja yang kompetensinya tersertifikasi,” kata Ida.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi