Sabtu, 27/07/2024 - 11:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Penjualan Starbucks dan McDonald’s Lesu, Masih Terdampak Boikot?

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

NEW YORK – Penjualan jenama ternama dunia McDonald’s dan Starbucks lesu. Starbucks pada Selasa (30/4/2024) memangkas perkirana penjualan tahunannya setelah melaporkan penurunan penjualan untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun terakhir. 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Lesunya penjualan terjadi di pasar terbesar Starbucks yaitu di AS yang turun tiga persen dan Cina 11 persen. Nilai saham mereka turun 12 persen pada perdagangan Selasa. Selain itu, target keuntungan kuartalan di Timur Tengah tak tercapai akibat situasi geopolitik. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Ini terkait serangan Israel ke Gaza dan boikot konsumen di negara-negara Muslim terhadap jenama Barat termasuk Starbucks dan McDonald’s yang dianggap mempunyai keterkaitan dan memberikan dukungan kepada Israel. 

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Baik Starbucks maupun McDonald’s merasakan dampak boikot di Timur Tengah dan negara-negara lain terkait serangan militer Israel terhadap Gaza. Padahal Starbucks berharap penjualan tumbuh baik secara global dan AS. Paling tidak sama dengan sebelumnya 4-6 persen. 

Berita Lainnya:
Taspen Gandeng Mitra Internasional Bangun Green Energy Superblock Oasis Central Sudirman
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

CFO Starbucks Rachel Ruggeri menyatakan kuartal kedua nanti akan sangat menantang. ‘’Kondisi menantang selama kuartal lalu mendorong kami untuk mengubah rencana aksi dan respons untuk meningkatkan permintaan,’’ katanya. 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Di AS, Starbucks mengalami perlambatan permintaan akibat cuaca dingin pada Januari dan kondisi makro ekonomi yang bergejolak, berdampak pada penjualan produk kopinya. ‘’Kami melihat penjualan lebih lambat dari yang diharapkan,’’ kata CEO Laxman Narasimhan.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Data perusahaan riset M Science menunjukkan, penjualan month-over-month melambat lebih jauh pada Februari dan belum juga membaik, termasuk pada kuartal saat ini. Margin operasional pada kuartal ini turun 240 basis poin menjadi 12,8 persen. 

Berita Lainnya:
Ikut Terkena Imbas Isu Boikot Produk Pro Israel, Begini Pernyataan Le Minerale
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Pada saat bersamaan, Starbucks bergelut dengan pasar tenaga kerja yang lebih ketat dan meningkatnya aksi serikat buruh. Di sisi lain, mereka menambah alokasi dana untuk promosi guna meningkatkan penjualan. 

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Target keuntungan kuartalan McDonald’s juga meleset untuk pertama kalinya dalam dua tahun, seiring pengaruh pengalihan bujet konsumen dan konflik Timur Tengah yang memicu boikot dan berdampak pada penjualan. 

Pada Maret lalu, CFO McDonald’s Ian Borden memang telah mewanti-wanti atas potensi lesunya penjualan pada kuartal pertama, terutama karena tekanan penjualan di Timur Tengah akibat konflik di sana serta kondisi ekonomi Cina, pasar terbesar kedua setelah AS. 

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَاضْرِبْ لَهُم مَّثَلًا رَّجُلَيْنِ جَعَلْنَا لِأَحَدِهِمَا جَنَّتَيْنِ مِنْ أَعْنَابٍ وَحَفَفْنَاهُمَا بِنَخْلٍ وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمَا زَرْعًا الكهف [32] Listen
And present to them an example of two men: We granted to one of them two gardens of grapevines, and We bordered them with palm trees and placed between them [fields of] crops. Al-Kahf ( The Cave ) [32] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi