Jumat, 17/05/2024 - 17:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Harita Nickel Cetak Laba Bersih Rp 1 Triliun pada Kuartal I 2024

JAKARTA — PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel membukukan laba bersih senilai Rp 1 triliun pada kuartal I 2024. Sementara laba kotor senilai Rp 1,62 triliun dibandingkan Rp 1,57 triliun pada periode sama tahun sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Selama kuartal I 2024, Harita Nickel membukukan pendapatan dari kontrak dengan pelanggan senilai Rp 6,03 triliun. Capaian itu meningkat sebesar 26 persen year on year (yoy) dibandingkan senilai Rp 4,79 triliun pada periode sama tahun sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Direktur Utama Harita Nickel Roy Arman Arfandy dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (2/5/2024), menjelaskan, perseroan mencatatkan peningkatan produksi pertambangan sebesar 38 persen (yoy) dari sisi output produksi pada kuartal I 2024 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Zulkifli Hasan Sentil Pengusaha Agar tidak Curang

Peningkatan produksi didorong oleh adanya peningkatan kebutuhan bijih nikel dari fasilitas pemurnian High-Pressure Acid Leach (HPAL) atau teknologi pemurnian bijih nikel kadar rendah berbasis hidrometalurgi. Juga ditopang oleh PT Obi Nickel Cobalt (ONC) yang telah mulai masuk ke tahap produksi pada akhir Maret 2024.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Begitu juga dengan dua jalur produksi lainnya yang diharapkan akan mulai beroperasi dalam beberapa bulan ke depan,” ujar Roy.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Roy menjelaskan, Smelter Rotary Kiln Electric Furnace atau RKEF (teknologi pemurnian bijih nikel kadar tinggi berbasis pirometalurgi) milik perseroan berhasil mengaktifkan seluruh 12 jalur produksi, mencapai kapasitas tahunan 120.000 ton nikel terkandung.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Pada kuartal I 2024, produksi berhasil melampaui kapasitas yang direncanakan, meningkatkan penjualan feronikel dari kuartal sebelumnya,” ujar Roy.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Sepatu Bata Tutup, Kemenperin: Perlu Investasi Demi Industri Berkelanjutan

Selain itu, lanjutnya, ekspansi fasilitas smelter ketiga dengan teknologi RKEF di PT Karunia Permai Sentosa (KPS) tetap berjalan sesuai jadwal untuk mulai beroperasi pada awal 2025, yang akan menambah empat jalur produksi baru dengan kapasitas sekitar 60.000 ton nikel per tahun pada tahap pertamanya.

ADVERTISEMENTS

Pada fasilitas HPAL, Roy menjelaskan output produksi telah mencapai 16.716 ton nikel terkandung dalam Mixed Hydroxide Precipitate (MHP) selama kuartal I 2024 atau melampaui kapasitas terpasang sebesar 22 persen. “Hasil kuartal pertama kami mencerminkan komitmen kami pada pertumbuhan yang berkelanjutan dan kemampuan kami untuk beradaptasi dengan dinamika industri yang berkembang,” ujar Roy.

ADVERTISEMENTS

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi