Selasa, 21/05/2024 - 10:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Tempat Penampungan ODGJ Milik Pemkot Banjarmasin Penuh

Orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ (ilustrasi).Tempat penampungan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang dimiliki Pemkot Banjarmasin penuh.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

BANJARMASIN — Tempat penampungan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang dimiliki Pemkot Banjarmasin penuh. Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Dolly Syahbana mengatakan Pemkot Banjarmasin hanya bisa menampung ODGJ yang dianggap membahayakan jika dilepas di tengah masyarakat, sehingga dirawat di penampungan rumah singgah di Banjarmasin Selatan.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Saat ini di penampungan rumah singgah ada 60 orang ODGJ yang dirawat, itu sudah penuh,” katanya di Banjarmasin, Kamis (2/5/2024).

Berita Lainnya:
Viral Janda Cantik Tak Kuat Lihat Kelakuan Anak Kiai di Jember, Mantan Suaminya Itu Ternyata Suka Selingkuh dengan Waria

Mestinya, kata dia, tempat itu hanya sebagai tempat sementara perawatan ODGJ, termasuk untuk penanganan masalah sosial lainnya, seperti orang telantar hingga gelandangan dan pengemis, namun saat ini sudah penuh. Karena itu, kata Dolly, demi kemanusiaan, tidak memungkinkan ODGJ dibiarkan di luar tanpa dirawat, bahkan banyak yang menetap bertahun-tahun.

“Bahkan, ada 40 ODGJ sudah bertahun-tahun di sana, kita rawat semaksimal mungkin,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Amnesty: Usut Kekerasan Aparat terhadap Demo Mahasiswa di Makassar

Menurut dia, Pemkot Banjarmasin mengalokasikan anggaran untuk konsumsi mereka selama berada di sana. “Kalau obat-obatan kan gratis dari pemerintah,” ujarnya. Menurut dia, meski kondisi penampungan penuh, jika didapati atau menerima laporan ada ODGJ yang mengganggu atau ngamuk di lingkungan masyarakat, tim tanggap cepat dari Satpol PP dan instansinya akan menangani.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi