Selasa, 25/06/2024 - 17:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kemendag Jadikan Maroko Sebagai Penghubung untuk Pasar Afrika

Kementerian Perdagangan meluncurkan logo baru kementerian dalam pembukaan Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021 di Jakarta, Kamis (21/20).

JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menjadikan Maroko sebagai hub untuk pasar Afrika.

Kenapa Maroko dipilih? Karena Maroko ingin kami jadikan sebagai hub untuk pasar Afrika,” ujar Direktur Jenderal PEN Didi Sumedi di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Didi mengatakan, Kemendag telah melakukan misi dagang ke Maroko dan menghasilkan potensi transaksi 16,98 juta dolar AS atau setara Rp 276 miliar. “Alhamdulillah sebagai gebrakan pertama kita sudah menghasilkan potensi transaksi tersebut,” kata Didi.

Tujuan misi dagang ke Maroko tersebut dalam rangka untuk meningkatkan penetrasi ekspor Indonesia ke pasar negara-negara di Afrika. Walaupun sudah mempunyai Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) di dua negara yakni Nigeria dan Afrika Selatan, Kemendag ingin kepung Afrika melalui tiga hub.

“Marena memang potensi di Afrika cukup besar. Di mana permintaan seiring dengan produk-produk nasional kita yang dibutuhkan di Afrika,” kata Didi.

Berita Lainnya:
2024, BRI Life Optimistis Tumbuh Berkelanjutan

Sebagai informasi, Maroko memiliki posisi penting bagi Indonesia, terutama dalam perannya sebagai mitra dagang nontradisional serta sebagai hub untuk memasuki pasar Afrika Utara. Potensi kerja sama Indonesia dan Maroko masih memiliki peluang yang sangat besar karena saat ini kedua negara masih merumuskan Prefential Trade Agreement (PTA). Hal tersebut diharapkan dapat memberikan katalis pada nilai perdagangan di kawasan Afrika Utara.

Berita Lainnya:
Batal Jadi Saingan BSI? OJK Belum Terima Permohonan Merger BTN Syariah dan Muamalat

Kegiatan misi dagang ke Maroko bertujuan untuk memperkuat penetrasi produk Indonesia ke pasar Afrika Utara. Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun kerja sama bisnis dengan mempertemukan pelaku usaha Indonesia dengan calon mitranya dari Maroko dan negara sekitarnya.

Kementerian Perdagangan mendorong pengembangan ekspor salah satunya ke kawasan Afrika. Kawasan Afrika merupakan pasar potensial untuk produk Indonesia.

Kemendag selalu memberikan dukungan kepada para pelaku usaha, apalagi yang dapat memberikan kontribusi terhadap kinerja ekspor Indonesia.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

قَالَ ذَٰلِكَ مَا كُنَّا نَبْغِ ۚ فَارْتَدَّا عَلَىٰ آثَارِهِمَا قَصَصًا الكهف [64] Listen
[Moses] said, "That is what we were seeking." So they returned, following their footprints. Al-Kahf ( The Cave ) [64] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi