Selasa, 25/06/2024 - 14:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menperin Pastikan Investasi Apple di Indonesia Tetap Berjalan

CEO Apple Tim Cook (tengah) didampingi Menkominfo Budi Arie Setiadi (kiri) dan Menperin Agus Gumiwang (kanan) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

JAKARTA — Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan salah satu perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat yakni Apple, tetap berkomitmen untuk merealisasikan investasinya di Indonesia.

Menurut Agus, hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya rencana pembangunan Apple Developer Academy keempat yang akan dibangun di Bali. “Apple jalan dong, kan mereka akan bangun akademi keempat,” kata Agus ditemui di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Ia menjelaskan khusus untuk Apple, pemerintah menerapkan penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang berbeda dengan sektor lainnya. Penghitungan tersebut berdasarkan nilai investasi yang sudah diberikan oleh perusahaan teknologi raksasa itu terhadap ekonomi Indonesia.

Berita Lainnya:
Pemkab Cianjur Buka Peluang Investasi Penunjang Situs Gunung Padang

Adapun saat ini rencana realisasi investasi Apple di Tanah Air menyentuh angka Rp1,6 triliun. “Sudah mendekati Rp1,6 triliun, tapi itu pun bagi saya enggak cukup, belum cukup, belum cukup,” kata dia.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menepis isu mengenai batalnya komitmen investasi Apple di Indonesia. “Enggak, itu hoaks. Mau kok, mereka mau (berinvestasi di Indonesia),” kata Budi Arie dalam berita ANTARA pada 2 Mei 2024.

Berita Lainnya:
Jelajah Kuliner Nusantara di Medan Dorong Dampak Berkelanjutan Ekonomi Masyarakat

Budi Arie menyebutkan hingga kini perusahaan teknologi global Apple masih memberikan sinyal yang positif untuk berinvestasi di Indonesia. Ia mengatakan pemerintah masih mencari formula insentif terbaik untuk menarik perusahaan pimpinan Tim Cook itu dapat melakukan investasi di Indonesia.

Selain itu Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menerangkan raksasa teknologi itu tertarik untuk berinvestasi di bidang pengembangan artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

أُولَٰئِكَ لَهُمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهِمُ الْأَنْهَارُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّن سُندُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِئِينَ فِيهَا عَلَى الْأَرَائِكِ ۚ نِعْمَ الثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا الكهف [31] Listen
Those will have gardens of perpetual residence; beneath them rivers will flow. They will be adorned therein with bracelets of gold and will wear green garments of fine silk and brocade, reclining therein on adorned couches. Excellent is the reward, and good is the resting place. Al-Kahf ( The Cave ) [31] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi