Minggu, 26/05/2024 - 03:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Curah Hujan di Belitung Naik Cukup Signifikan, Apa Penyebabnya?

Hujan (ilustrasi). Dalam beberapa hari terakhir, intensitas curah hujan di Belitung mengalami peningkatan cukup signifikan, terutama pada siang hari.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

TANJUNG PANDAN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dampak terjadinya bencana alam akibat peralihan fenomena El Nino (kemarau) ke La Nina (hujan) di daerah itu. Dalam beberapa hari terakhir, intensitas curah hujan di daerah tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan, terutama pada siang hari.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Terkait dampak La Nina memang ada potensi terjadinya peningkatan curah hujan,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Ahad (5/5/2024).

Dia mengatakan fenomena ini belum bisa diketahui secara pasti apakah dampak dari fenomena La Nina yang mulai terjadi sekarang ini. “Belum dapat diketahui apakah ini dampak dari La Nina atau bukan walaupun ada yang menjurus ke arah itu (La Nina),” ujarnya.

Berita Lainnya:
Mumpung Masih Ada Pasokan Air, BRIN Sarankan Petani Percepat Masa Tanam Padi

BPBD Belitung mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman potensi bencana alam dari berlangsungnya fenomena La Nina di daerah itu. Dia menyebut, fenomena La Nina berpotensi meningkatkan intensitas curah hujan, sehingga dapat menyebabkan banjir.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Masyarakat selalu kami imbau untuk tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungannya terhadap dampak ikutan dari La Nina seperti banjir,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dia meminta masyarakat memperhatikan kondisi saluran air atau drainase agar tidak tersumbat oleh tumpukan sampah, sehingga dapat menghindari genangan air yang menyebabkan banjir. Selain itu, kata dia, fenomena La Nina juga berpotensi menimbulkan angin kencang sehingga dapat menyebabkan dahan atau ranting patah serta pohon tumbang.

Berita Lainnya:
Wakil Ketua Komite I DPD RI Dorong Pengadaan Dokter Spesial Dipercepat di Papua

“Apabila menemukan pohon yang telah kering ataupun ranting agar dibersihkan sesegera mungkin sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Agus menyebut, kondisi lingkungan yang lembap akibat fenomena La Nina berpotensi menimbulkan keberadaan binatang berbisa seperti ular, kalajengking di lingkungan sekitar rumah. “Oleh karena itu, menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal sangat penting dalam mengantisipasi dampak terjadinya fenomena La Nina,” kata Agus.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi