Sabtu, 27/07/2024 - 09:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Curah Hujan di Belitung Naik Cukup Signifikan, Apa Penyebabnya?

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Hujan (ilustrasi). Dalam beberapa hari terakhir, intensitas curah hujan di Belitung mengalami peningkatan cukup signifikan, terutama pada siang hari.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

TANJUNG PANDAN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dampak terjadinya bencana alam akibat peralihan fenomena El Nino (kemarau) ke La Nina (hujan) di daerah itu. Dalam beberapa hari terakhir, intensitas curah hujan di daerah tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan, terutama pada siang hari.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Terkait dampak La Nina memang ada potensi terjadinya peningkatan curah hujan,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Ahad (5/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Dia mengatakan fenomena ini belum bisa diketahui secara pasti apakah dampak dari fenomena La Nina yang mulai terjadi sekarang ini. “Belum dapat diketahui apakah ini dampak dari La Nina atau bukan walaupun ada yang menjurus ke arah itu (La Nina),” ujarnya.

Berita Lainnya:
Terungkap Motif Istri Bunuh Suaminya di Bekasi, Ternyata...
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

BPBD Belitung mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman potensi bencana alam dari berlangsungnya fenomena La Nina di daerah itu. Dia menyebut, fenomena La Nina berpotensi meningkatkan intensitas curah hujan, sehingga dapat menyebabkan banjir.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Masyarakat selalu kami imbau untuk tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungannya terhadap dampak ikutan dari La Nina seperti banjir,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Dia meminta masyarakat memperhatikan kondisi saluran air atau drainase agar tidak tersumbat oleh tumpukan sampah, sehingga dapat menghindari genangan air yang menyebabkan banjir. Selain itu, kata dia, fenomena La Nina juga berpotensi menimbulkan angin kencang sehingga dapat menyebabkan dahan atau ranting patah serta pohon tumbang.

Berita Lainnya:
BRIN: La Nina Sebabkan Musim Kemarau Lebih Pendek
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Apabila menemukan pohon yang telah kering ataupun ranting agar dibersihkan sesegera mungkin sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Agus menyebut, kondisi lingkungan yang lembap akibat fenomena La Nina berpotensi menimbulkan keberadaan binatang berbisa seperti ular, kalajengking di lingkungan sekitar rumah. “Oleh karena itu, menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal sangat penting dalam mengantisipasi dampak terjadinya fenomena La Nina,” kata Agus.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا الكهف [104] Listen
[They are] those whose effort is lost in worldly life, while they think that they are doing well in work." Al-Kahf ( The Cave ) [104] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi