Minggu, 16/06/2024 - 00:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Curah Hujan di Belitung Naik Cukup Signifikan, Apa Penyebabnya?

Hujan (ilustrasi). Dalam beberapa hari terakhir, intensitas curah hujan di Belitung mengalami peningkatan cukup signifikan, terutama pada siang hari.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

TANJUNG PANDAN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dampak terjadinya bencana alam akibat peralihan fenomena El Nino (kemarau) ke La Nina (hujan) di daerah itu. Dalam beberapa hari terakhir, intensitas curah hujan di daerah tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan, terutama pada siang hari.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Terkait dampak La Nina memang ada potensi terjadinya peningkatan curah hujan,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Ahad (5/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Dia mengatakan fenomena ini belum bisa diketahui secara pasti apakah dampak dari fenomena La Nina yang mulai terjadi sekarang ini. “Belum dapat diketahui apakah ini dampak dari La Nina atau bukan walaupun ada yang menjurus ke arah itu (La Nina),” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
135 Juta Nyawa 'Hilang Lebih Cepat' dari Waktunya, Dampak Polusi Udara?

BPBD Belitung mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman potensi bencana alam dari berlangsungnya fenomena La Nina di daerah itu. Dia menyebut, fenomena La Nina berpotensi meningkatkan intensitas curah hujan, sehingga dapat menyebabkan banjir.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Masyarakat selalu kami imbau untuk tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungannya terhadap dampak ikutan dari La Nina seperti banjir,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Dia meminta masyarakat memperhatikan kondisi saluran air atau drainase agar tidak tersumbat oleh tumpukan sampah, sehingga dapat menghindari genangan air yang menyebabkan banjir. Selain itu, kata dia, fenomena La Nina juga berpotensi menimbulkan angin kencang sehingga dapat menyebabkan dahan atau ranting patah serta pohon tumbang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Jangan Lupa Payung dan Jas Hujan Ya Gaes, Hari Ini Diprediksi Hujan

“Apabila menemukan pohon yang telah kering ataupun ranting agar dibersihkan sesegera mungkin sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Agus menyebut, kondisi lingkungan yang lembap akibat fenomena La Nina berpotensi menimbulkan keberadaan binatang berbisa seperti ular, kalajengking di lingkungan sekitar rumah. “Oleh karena itu, menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal sangat penting dalam mengantisipasi dampak terjadinya fenomena La Nina,” kata Agus.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَاتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِن كِتَابِ رَبِّكَ ۖ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ وَلَن تَجِدَ مِن دُونِهِ مُلْتَحَدًا الكهف [27] Listen
And recite, [O Muhammad], what has been revealed to you of the Book of your Lord. There is no changer of His words, and never will you find in other than Him a refuge. Al-Kahf ( The Cave ) [27] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi