Sabtu, 01/06/2024 - 16:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Bapanas Gelar Rakor Penyerapan Jagung di Bima

MATARAM — Badan Pangan Nasional (Bapanas) Republik Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar rapat koordinasi penyerapan jagung dalam rangka menjaga stabilitas harga.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) Maino Dwi Hartono melalui keterangan tertulisnya di Mataram, Selasa (7/5/2024), menyampaikan apresiasi atas komitmen Pemerintah Kabupaten Bima dalam upaya menjaga stabilisasi harga pangan khususnya komoditi jagung.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Kami berkomitmen bahwa para petani harus dilindungi dengan harga yang wajar. Demikian juga halnya konsumen,” kata Maino.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Oleh karena itu, rapat koordinasi yang dilaksanakan bersama antara Bapanas, pemasok kebutuhan industri ataupun pasar (offtaker), asosiasi pedagang, asosiasi petani, konsumen, Satgas pangan Polri dan OPD terkait merupakan wahana yang strategis.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Jokowi: Sebentar Lagi Indonesia akan Kuasai 61 Persen Saham Freeport

“Arti strategis rakor ini mempertemukan para petani, pedagang, pemerintah terkait tata niaga jagung, di tengah kondisi yang secara nasional terjadi gejolak harga baik di Jawa, Sulawesi, Lampung, dan beberapa daerah lainnya,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Ia mengatakan acuan standar harga mengacu pada kualitas komoditi. Oleh karena itu usulan-usulan dalam diskusi tersebut dapat dipertimbangkan dan menjadi catatan Bapanas agar jagung dapat dipasarkan dan diserap secara optimal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Bagaimana kerja sama jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dapat berkelanjutan di antara para pelaku usaha dan petani jagung,” kata Maino.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri mengatakan kunjungan Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan dengan rombongan yang cukup besar merupakan kehormatan bagi pemerintah daerah.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Tiket Penyeberangan Danau Toba Ludes, ASDP Tambah Perjalanan Kapal
ADVERTISEMENTS

Ia mengucapkan terima kasih atas respon cepat dari Kepala Bapanas atas usulan pemerintah daerah dan petani terkait peningkatan harga komoditas jagung.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

“Keputusan Bapanas terkait fleksibilitas Harga Acuan Pembelian (HAP) komoditas jagung cukup membantu pemerintah daerah untuk menjawab persoalan anjlok harga jagung saat ini,” kata Indah.

Ia berharap keputusan tersebut dipatuhi dan pengawasan melekat oleh satgas pangan hingga di tingkat daerah sangat diperlukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman baik untuk perusahaan maupun untuk para petani.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi para petani jagung maupun perusahaan,” katanya.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi