Senin, 20/05/2024 - 17:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tips Jaga Gaya Hidup Seimbang Agar Tetap Sehat dan Semangat

JAKARTA — Dalam kondisi apa pun, penting untuk memprioritaskan kesehatan dan menerapkan gaya hidup seimbang. Mengupayakan agar hidup tetap berjalan baik dalam berbagai aspeknya sangat penting demi kesejahteraan fisik dan mental.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Sebagian orang mungkin sudah terjebak rutinitas dan tak tahu lagi mau memulai dari mana untuk melakoni hidup sehat. Berikut sejumlah kiat yang bisa membantu agar tetap sehat dan bersemangat, dikutip dari laman Livemint, Kamis (9/5/2024):

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

1. Tetap terhidrasi

Pastikan kebutuhan cairan tubuh selalu tercukupi, terutama jika aktif berkegiatan sepanjang hari atau berada di iklim panas. Disarankan minum air putih minimal delapan gelas sehari atau sekitar dua liter untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

2. Pola makan seimbang

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak, Enak dan Mudah Didapat

Pola makan seimbang tidak boleh disepelekan, sebab efektif membantu menjaga tingkat energi dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Sertakan beragam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

3. Olahraga teratur

Tak perlu olahraga berat setiap hari atau berlangganan pusat kebugaran. Lakukan saja setidaknya 30 menit aktivitas fisik sedang tiap hari, seperti jalan kaki, joging, bersepeda, atau yoga. Olahraga teratur meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot, dan membantu meningkatkan suasana hati.

ADVERTISEMENTS

4. Tidur cukup

ADVERTISEMENTS

Usahakan tidur malam selama tujuh sampai sembilan jam. Sebaiknya, tidur di waktu yang sama setiap hari untuk pembiasaan dan hindari pergi tidur terlalu larut. Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kejernihan mental, kesejahteraan emosional, dan kesehatan fisik.

Berita Lainnya:
Kebiasaan 'Menumpuk' Baju Dikaitkan dengan Pengidap ADHD

5. Kelola stres

Latihlah teknik pereda stres seperti meditasi, pernapasan dalam, atau perhatian penuh. Luangkan waktu untuk melakukan refleksi diri dan pertimbangkan untuk berbicara dengan konselor atau terapis jika mengalami stres berkepanjangan.

6. Pilih camilan sehat 

Jika hobi ngemil, pilihlah makanan sehat seperti kacang-kacangan, yogurt, buah-buahan, atau sayuran, alih-alih makanan olahan atau camilan manis. Jauhi alkohol, rokok, dan zat berbahaya lainnya yang dapat berdampak signifikan pada kesehatan dalam jangka panjang.

7. Batasi jam layar

Beristirahatlah berkala dari akses layar untuk mengurangi ketegangan mata. Tetapkan jeda tertentu sebelum tidur, untuk tidak menyentuh ponsel atau perangkat lain. Perbanyak menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga atau terlibat dalam aktivitas sosial.  

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi