Selasa, 21/05/2024 - 05:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Jepang akan Mulai Berburu Paus Sirip Untuk Komersial  

JAKARTA – Jepang akan menambahkan paus sirip besar ke dalam daftar spesies perburuan paus komersialnya. Hal ini diumumkan oleh juru bicara pemerintah Yoshimasa Hayashi pada Kamis.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Jepang melanjutkan perburuan paus komersial di perairan teritorial dan zona ekonomi eksklusifnya pada tahun 2019, setelah menarik diri dari Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional (IWC).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Pekan ini, Badan Perikanan Jepang meminta komentar publik atas rancangan revisi kebijakan pengendalian sumber daya perairan yang akan memungkinkan penangkapan paus sirip secara komersial.

Berita Lainnya:
Jepang Bersiap Tantang China dalam Perlombaan Penjelajahan Bulan

Dalam sebuah konferensi pers, Hayashi mengatakan bahwa pemerintah Jepang akan terus mempromosikan perburuan paus dan mengambil langkah-langkah diplomatik yang diperlukan.

“Paus adalah sumber daya makanan yang penting dan harus dimanfaatkan secara berkelanjutan, berdasarkan bukti ilmiah. Penting juga untuk mewarisi budaya makanan tradisional di Jepang,” kata Hayashi seperti dilansir Reuters, Jumat (10/5/2024).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Jepang menangkap total 294 paus minke, paus Bryde, dan paus sei tahun lalu, menurut catatan Badan Perikanan. Namun saat ini Badan tersebut membatasi perburuan paus komersial untuk tiga spesies yang relatif kecil.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Korsel Tetapkan Kuota Penerimaan Sekolah Kedokteran 1.500 Kursi

Konsumsi paus di Jepang mencapai puncaknya pada awal tahun 1960-an, namun tidak meluas karena daging lainnya menjadi lebih mudah didapat.

Jepang menuai kritik dari kelompok-kelompok lingkungan karena meluncurkan penelitian ilmiah untuk perburuan paus pada 1987, menyusul peraturan IWC yang melarang perburuan paus komersial.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Australia dan Selandia Baru termasuk di antara negara-negara yang menyatakan kekecewaannya ketika Jepang menyatakan mundur dari IWC pada tahun 2018.

Sumber:

 https://www.reuters.com/world/asia-pacific/japan-start-hunting-fin-whales-after-five-years-commercial-whaling-2024-05-09/

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi