Senin, 20/05/2024 - 21:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Toyota akan Gunakan Steker BYD untuk Tiga Mobil Hybrid di China?

Logo Toyota. Toyota akan memperkenalkan dua atau tiga kendaraan listrik plug-in hybrid (PHEV) mereka di China.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Toyota akan memperkenalkan dua atau tiga kendaraan listrik plug-in hybrid (PHEV) mereka di China dalam kurun waktu 2-3 tahun ke depan. Toyota dirumorkan akan mengadopsi platform DM-i dari BYD untuk PHEV mereka yang akan diperkenalkan di China nanti.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Menurut laporan media lokal, perusahaan otomotif raksasa asal Jepang ini tidak akan menggunakan platform Toyota Hybrid System (THS) untuk PHEV yang akan mereka luncurkan di China. THS merupakan platform yang biasa digunakan oleh Toyota untuk menggerakkan kendaraan listrik hibrida (HEV).

HEV dipandang tak jauh berbeda dengan kendaraan bahan bakar fosil (ICEV) karena kendaraan ini tak bisa diisi dayanya di China. Selain itu, mobil seperti ini juga tidak bisa mendapatkan plat nomor hijau dan tidak bisa menerima subsidi dan perlakuan yang sama seperti PHEV dan kendaraan listrik baterai (BEV) di China.

Berita Lainnya:
Wuling Hadirkan Program Menarik via Spreading Joy Into The World

Sampai saat ini, baik Toyota maupun BYD belum memberikan konfirmasi terkait rumor bahwa Toyota akan menggunakan platform DM-i dari BYD. Bila rumor ini terbukti benar, Toyota diprediksi akan melakukan pemolesan dan penyetelan baru pada PHEV yang akan mereka luncurkan di China.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Dan pengalaman menyetir dari model final ini tentu akan berbeda,” jelas laporan media lokal, Caijing, seperti dilansir CarNewsChina pada Jumat (10/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

DM atau DualMode pada dasarnya merupakan platform PHEV dari BYD yang diluncurkan pada 2008. DM memiliki dua versi utama yaitu DM-i dan DM-p. DM-i, platform yang dirumorkan akan dipakai oleh Toyota, merupakan DualMode intelligent yang berfokus pada efisiensi dan konsumsi rendah. Sedangkan DM-p ditujukan untuk kendaraan all-wheel drive atau off road.

Belum lama ini, BYD pun meluncurkan platform DMO yang didedikasikan untuk kendaraan hard-core off-road. Saat ini, platform DMO sudah digunakan oleh lini kendaraan Fang Cheng Bao.

ADVERTISEMENTS

Di sisi lain, Toyota juga sudah cukup sering menjalin kerjasama dengan BYD. Pada 2021 misalnya, keduanya bekerja sama dalam menghadirkan BYD Toyota Electric Vehicle Technology dengan pembagian saham 50:50.

ADVERTISEMENTS

Lalu pada 2023, Toyota meluncurkan Toyota bZ3 sedan dengan menggandeng BYD. Dalam proyek ini, BYD terlibat sebagai pemasok LFP Blade battery pack, e-motor, dan beberapa teknologi lain untuk bZ3 sedan.

Berita Lainnya:
BYD Raih Penghargaan Best Sedan dan Best Crossover di Ajang PEVS Awards 2024

“Di bawah tekanan perang harga kendaraan listrik China, harga menjadi kondisi penting yang perlu dipertimbangkan oleh Toyota,” ungkap seorang sumber kepada Caijing.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi