Sabtu, 27/07/2024 - 09:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

BMKG Ungkap Pemicu Bencana di Sumbar

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan hujan berintensitas lebat memicu terjadinya Bencana hidrometeorologi di Sumatera Barat (Sumbar). BMKG memprediksi sebagian wilayah di Sumbar masih dihantui hujan lebat hingga sepekan ke depan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

“Bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang,banjir lahar hujan, dan tanah longsor) yang terjadi di Kabupaten Agam, Tanah Datar, dan Kota Padang dipicu oleh hujan dengan intensitas lebat,” kata Ketua tim kerja prediksi dan peringatan dini cuaca BMKG, Ida Pramuwardani kepada Republika, Senin (13/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Berdasarkan data pos pengamatan hujan pada 11 Mei 2024 di sekitar wilayah Gunung Marapi, BMKG mencatatkan hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat. Stasiun Meteorologi Minangkabau melaporkan curah hujan 138,5 mm/Hari di kabupaten Padang Pariaman, pos hujan Sei Tarab 134,3 mm/hari, pos hujan X Koto Paninjauan kabupaten tanah datar sebesar 85,5 mm per hari.

Berita Lainnya:
Dirjen HAM Optimistis Kasus Kekerasan Remaja di Sumbar Diungkap Terang
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Ida menyebut kondisi cuaca yang menyebabkan bencana hidrometeorologi tersebut antara lain dipengaruhi adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan barat Aceh sejak beberapa hari terakhir. Kondisi ini menyebabkan terbentuknya belokan angin dan konvergensi di sumatera bagian tengah hingga utara, gelombang atmosfer Equtorial Rossby yang terpantau aktif serta aktifitas konvektif lokal yang kuat menyebabkan penumpukan massa udara serta mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera Barat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“Selain itu, berdasarkan hasil pengamatan radiosonde tanggal 11 Mei 2024 pukul 12.00 UTC, menunjukkan kelembapan udara cenderung basah (93-100 persen) hingga lapisan 500 mb,” ujar Ida.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Kemudian, Ida menyebut prakiraan cuaca di wilayah Sumatra Barat pada periode 13 – 22 Mei 2024 secara umum Berawan-Hujan Ringan. Tapi ada wilayah yang diramalkan mengalami hujan lebat.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Potensi hujan sedang-lebat terdapat di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Tanah Datar, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Kab. Solok, Solok, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya,” ujar Ida.

Berita Lainnya:
Badai Ganda Mengancam Cina
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memantau bencana banjir bandang lahar dingin yang melanda wilayah Sumatra Barat pada Sabtu (11/5) malam. Kejadian ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi di wilayah hulu Gunung Marapi. 

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

BNPB mendapat laporan empat kabupaten terdampak cukup parah akibat kejadian ini yaitu Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Panjang, dan Kabupaten Padang Pariaman.  

“Hingga Minggu (12/5) pukul 21.00 WIB tercatat total korban meninggal dunia akibat bencana ini mencapai 37 orang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan pers pada Senin (13/5/2024). 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

فَأَتْبَعَ سَبَبًا الكهف [85] Listen
So he followed a way Al-Kahf ( The Cave ) [85] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi