Senin, 17/06/2024 - 12:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

BPBD Lebak Minta Warga Waspada Bencana Alam Saat Pancaroba

Sejumlah siswa bermain air saat sekolah diliburkan karena banjir di Lebak (ilustrasi). BPBD Lebak minta warga mewaspadai potensi bencana saat musim pancaroba.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

RANGKASBITUNG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, meminta warga mewaspadai potensi bencana alam menghadapi pancaroba saat peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Kita berharap kewaspadaan itu dapat mengurangi risiko kebencanaan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material besar,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Lebak Agust Riza Faisal di Rangkasbitung Lebak, Selasa (14/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Ia menyebut peringatan kewaspadaan tersebut sudah disampaikan ke 28 kecamatan karena pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau berpotensi menimbulkan bencana banjir, longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung dan gelombang tinggi. Selama ini, wilayah Kabupaten Lebak masuk kategori rawan bencana alam sehubungan topografi alamnya pegunungan, perbukitan, aliran sungai dan pesisir pantai.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Pakar: Merekam Orang tanpa Izin Langgar Hukum dan Etika

Oleh karena itu, BPBD Lebak menyebut cuaca ekstrem yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir berpeluang terjadi sore hingga malam hari. “Kami meyakini jika warga yang tinggal di daerah rawan bencana alam selalu waspada dan siaga dipastikan selamat dan tidak ada korban jiwa,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Menurut dia, BPBD Lebak telah mengeluarkan peringatan kewaspadaan setelah menerima laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa Banten sampai 22 Mei 2024 akan dilanda cuaca ekstrem sehubungan dengan pancaroba. Biasanya, kata dia, masa peralihan bisa menimbulkan dampak bencana alam. “Kami berharap warga yang tinggal di daerah rawan bencana alam jika cuaca buruk melanda selama tiga jam sebaiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Gerakan Boikot Masih Eksis dan Berefek Menyakitkan Bagi Perekonomian Israel

Sementara itu, warga Maja Kabupaten Lebak, Sanukri (40), mengatakan dirinya bersama warga lainnya waspada menyusul curah hujan tinggi sehingga dikhawatirkan Sungai Cibeureum meluap. Sebab, pada awal Mei 2024 rumahnya tergenang banjir setinggi 80 sentimeter sehingga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat. “Kami sekarang mengamankan perabotan rumah tangga ke tempat yang lebih aman,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

sumber : Antara

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

هَٰؤُلَاءِ قَوْمُنَا اتَّخَذُوا مِن دُونِهِ آلِهَةً ۖ لَّوْلَا يَأْتُونَ عَلَيْهِم بِسُلْطَانٍ بَيِّنٍ ۖ فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرَىٰ عَلَى اللَّهِ كَذِبًا الكهف [15] Listen
These, our people, have taken besides Him deities. Why do they not bring for [worship of] them a clear authority? And who is more unjust than one who invents about Allah a lie?" Al-Kahf ( The Cave ) [15] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi