Sabtu, 27/07/2024 - 08:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Kekeringan di Lhoknga, Ini Penjelasan Kadis ESDM Aceh

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Sumber air tanah di Kecamatan Lhoknga, yang sebagian besar berasal dari daerah karst, sangat bergantung pada curah hujan dan tutupan lahan di zona resapan. Data dari BMKG Indrapuri menunjukkan bahwa curah hujan di wilayah tersebut seringkali rendah, dengan rata-rata di bawah 100 mm. Pada awal tahun 2024, curah hujan bahkan turun drastis, dengan hanya 48 mm pada bulan Februari dan 60 mm pada bulan April, jauh di bawah normal.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

“Ini memang menjadi penyebab utama terjadinya kekeringan pada beberapa sumber air di daerah karst Kecamatan Lhoknga, selain itu penyebab lainnya yang dapat terjadi adalah perubahan tutupan lahan pada zona-zona resapan, tentu saja hal ini perlu dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh instansi terkait,” kata Mahdinur.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Terdapat 5 Daerah resapan atau daerah tangkapan air (DTA) di sekitar Pucok Krueng. DTA Pucok Krueng mengalir kearah Lembah linto menghubungkan gue Uleu dan Pucok Krueng di bagian utara, sedangkan DTA Kuari Gamping PT Solusi Bangun Andalas mengalir ke arah Barat. |FOTO: UGM, 2021Disebutkan, studi hidrogeologi yang dilakukan oleh BGR Jerman pada tahun 2007 dan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2021 menunjukkan bahwa sumber air di Pucok Krueng, yang terletak dekat desa Naga Umbang, adalah bagian dari sistem hidrologi karst yang terhubung dengan Gua Uleu. Gua Uleu merupakan bagian dari hutan lindung di lembah Lunto, dengan aliran air tanah yang mengarah ke utara.

Berita Lainnya:
Yunani Dihantui Musim Panas yang Semakin Berbahaya
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Berdasarkan kajian itu juga diketahui bahwa zona resapan aliran Pucok Krueng berbeda dengan zona resapan lokasi PT SBA yang arah aliran air tanahnya menuju ke Barat atau menuju laut, hal ini sudah dibuktikan melalui uji tracer test dengan melakukan injeksi media berwarna (zat uranine) pada gua dan rongga untuk menelusuri arah aliran air tanah di gua Uleu (zona resapan Pucok Krueng) ataupun di gua Quarry (Zona resapan daerah PT SBA,” jelas Mahdinur.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Uji tracer test dengan melakukan injeksi media berwarna (zat uranine) pada gua dan rongga untuk menelusuri arah aliran air tanah di gua Uleu (zona resapan Pucok Krueng) ataupun di gua Quarry (Zona resapan daerah PT Solusi Bangun Andalas). |FOTO: UGM, 2021Sehingga kajian ini menunjukkan bahwa aktivitas penambangan tidak berkaitan dengan kekeringan pada beberapa sumber air di wilayah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Selain itu, lanjutnya, kondisi hidrogeologi di Gampong Lambaro Seubun yang berjarak hampir 10 km dari Pucok Krueng atau PT SBA merupakan sistem aliran air tanah yang sama sekali berbeda baik hulu atau zona resapannya sehingga tidak dapat di hubungkan dengan zona resapan pada Pucok krueng dan lokasi PT SBA.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Gampong Lambaro Seubun memiliki daerah topografi dengan hulu dan hidrologi karst yang berbeda, Gampong Lambaro Seubun di Utara sedangkan Pucok Krueng dan PT Solusi Bangun Andalas berada di Selatan. |FOTO: Google EarthDinas ESDM Aceh telah mengundang PT Solusi Bangun Andalas (SBA) untuk memberikan penjelasan terkait kajian hidrologi karst, dan diketahui bahwa perusahaan tersebut mengutamakan penggunaan air hujan yang dikumpulkan dalam embung.

Berita Lainnya:
Pj Gubernur Aceh Sambut Kedatangan Ketum PBNU
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Sebagai solusi jangka pendek, Mahdinur menyarankan agar pemerintah atau PDAM memberikan bantuan air melalui tangki secara reguler kepada masyarakat. Ia juga mengapresiasi respons cepat dari pemerintah daerah dan PT SBA dalam menyediakan air bersih bagi warga terdampak kekeringan.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Sedangkan untuk jangka panjang, pemerintah atau instansi terkait dapat mengupayakan pembuatan embung penangkap air hujan atau pengambilan air dari sumber-sumber air yang mengalir sepanjang tahun dengan debit yang cukup besar seperti di gua Ilup (11 l/detik) dan Gue Uleu (614 l/detik) serta sungai Sarah di Kecamatan Leupung,” tuturnya.

Untuk Sungai Sarah, kata Mahdinur, berdasarkan informasi dari PDAM Tirta Montala, pernah merencanakan membangun SPAM dengan sistem penyediaan air dari Sungai Sarah dengan kapasitas 400 l/detik yang telah dianggarkan oleh Pemerintah Pusat, hanya saja karena Covid-19 kegiatan tersebut tidak terlaksana.

“Semoga pemerintah kabupaten/kota dan PDAM dapat mendorong agar kegiatan tersebut dapat direncanakan kembali mengingat masyarakat sudah kesulitan hampir setiap tahun apalagi pada saat kemarau berkepanjangan seperti sekarang ini,” pungkasnya.

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah

1 2

Reaksi & Komentar

وَتَرَى الشَّمْسَ إِذَا طَلَعَت تَّزَاوَرُ عَن كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَإِذَا غَرَبَت تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِي فَجْوَةٍ مِّنْهُ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ۗ مَن يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ ۖ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُّرْشِدًا الكهف [17] Listen
And [had you been present], you would see the sun when it rose, inclining away from their cave on the right, and when it set, passing away from them on the left, while they were [laying] within an open space thereof. That was from the signs of Allah. He whom Allah guides is the [rightly] guided, but he whom He leaves astray - never will you find for him a protecting guide. Al-Kahf ( The Cave ) [17] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi