Senin, 22/07/2024 - 05:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Kekeringan di Lhoknga, Ini Penjelasan Kadis ESDM Aceh

Sementara itu, General Manager SBA, Mochamad Anwar Bakti, menyatakan studi hidrologi dan hidrogeologi yang dilakukan bersama Tim UGM menyimpulkan bahwa adanya perbedaan sistem aliran air bawah tanah dari Daerah Tangkapan Air (DTA) Tambang SBA dengan DTA Lembah Luntho serta Gua Uleu yang terbukti terkoneksi dengan Sungai Bawah Tanah Pucok Krueng dan diyakini merupakan sumber mata air bagi masyarakat di sekitar kawasan Lhoknga.

“Saat ini sumber air baku untuk Pabrik hanya menggunakan air limpasan hujan yang tertampung pada kolam settling pond di area quarry batu gamping namun kondisinya saat ini telah surut drastis dan hampir kering karena dampak kemarau berkepanjangan,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Yunani Dihantui Musim Panas yang Semakin Berbahaya

PT SBA terus melakukan berbagai inisiatif dalam upaya efisiensi penggunaan air di pabriknya, salah satunya adalah dengan membuat Waste Water Treatment Plant (WWTP) agar air sisa proses pendinginan tidak terbuang ke badan air namun dapat digunakan kembali (closed loop circuit).

Berita Lainnya:
Kapolres Aceh Tamiang: Layani Masyarakat dengan Hati

Anwar mengucapkan terima kasih atas penguatan penjelasan serta bimbingan dari Kepala ESDM Aceh, Mahdinur kepada SBA. Ia berharap hal ini dapat memberikan informasi yang valid kepada masyarakat atas penyebab kekeringan yang terjadi di wilayah tersebut.

“Kami akan terus berkomitmen untuk senantiasa hadir dan berkontribusi bagi masyarakat yang terdampak oleh bencana kekeringan ini bersama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar serta seluruh stakeholder terkait,” tutup Anwar. []

1 2

Reaksi & Komentar

مَّاكِثِينَ فِيهِ أَبَدًا الكهف [3] Listen
In which they will remain forever Al-Kahf ( The Cave ) [3] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi