Minggu, 16/06/2024 - 09:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

20 Tahun Bluetooth, dari Headset Mono Hingga Mainstream

Bluetooth. Bicara sejarah Bluetooth, khususnya tentang audio, maka perlu meninjau kembali era pertengahan sampai akhir tahun 90-an.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Bicara sejarah Bluetooth, khususnya tentang audio, maka perlu meninjau kembali era pertengahan sampai akhir tahun 90-an. Chuck Sabin, direktur senior di Bluetooth Special Interest Group (SIG), mengungkap sejauh mana kemajuan Bluetooth, mulai dari headset mono yang hanya digunakan untuk komunikasi suara hingga perangkat masa kini yang mampu mengalirkan musik berkualitas lossless.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Telepon seluler mulai populer di pertengahan 90-an. Penggunaan telepon genggam secara handsfree di dalam mobil mulai diperlukan. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Salah satu ponsel pertama dengan Bluetooth berasal dari merek Ericsson pada akhir tahun 1990-an, meskipun model yang diperbarui baru sampai ke konsumen pada tahun 2001. Pada tahun yang sama, IBM ThinkPad A30 menjadi laptop pertama yang dilengkapi Bluetooth. Saat ini, tujuan utama teknologi radio jarak pendek adalah untuk panggilan suara.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Bikin Geram, Indonesia Jadi Bahan Rasisme Orang Korsel di Forum Online

“Ada banyak orang yang menggunakan headset mono dan mikrofon ini,” kata Sabin, seperti dilansir dari Engadget, Senin (20/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Dulu, perangkat elektronik kerap berukuran besar, dan beberapa di antaranya memiliki sinar lampu yang mengganggu. Ini jelas jauh berbeda dari model earbud nirkabel yang tersedia saat ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Bluetooth terus berkembang, dengan memanfaatkan layanan musik dan streaming audio. Dibandingkan dengan panggilan suara, streaming berkelanjutan memerlukan Bluetooth untuk mendukung kecepatan data yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Sony Kembangkan Kamera Bagi Penderita Gangguan Penglihatan

Jika Bluetooth 1.0 dikhususkan untuk panggilan, versi 2.0 mulai mencapai kecepatan yang diperlukan untuk streaming audio lebih dari 2 Mb/s. Namun, kata Sabin, spesifikasi 2.1 yang diadopsi oleh Bluetooth SIG pada tahun 2007 adalah ketika semua kemampuan streaming audio diterapkan di mobil, telepon, headphone, headset, dan lainnya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Tentu saja, masih perlu beberapa tahun sebelum headphone nirkabel menjadi mainstream. Pada awal tahun 2000-an, headphone masih terhubung langsung ke ponsel atau perangkat sumber lainnya. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Bluetooth menjadi fitur standar….

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

فَعَسَىٰ رَبِّي أَن يُؤْتِيَنِ خَيْرًا مِّن جَنَّتِكَ وَيُرْسِلَ عَلَيْهَا حُسْبَانًا مِّنَ السَّمَاءِ فَتُصْبِحَ صَعِيدًا زَلَقًا الكهف [40] Listen
It may be that my Lord will give me [something] better than your garden and will send upon it a calamity from the sky, and it will become a smooth, dusty ground, Al-Kahf ( The Cave ) [40] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi