Senin, 17/06/2024 - 07:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Meteor Jatuh Terangi Langit Portugal dan Spanyol 

JAKARTA — Internet ramai dengan cuplikan meteor yang melaju melintasi langit malam di Portugal dan Spanyol. Meteor tersebut menerangi langit sebagai bola api biru kehijauan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dilansir Space, Senin (20/5/2024), meteor itu dikonfirmasi oleh Badan Antariksa Eropa (ESA), yang menangkap bola api tersebut dengan kameranya di Cáceres, Spanyol, pada pukul 18.46. EDT (22.46 UTC) pada Sabtu (18/5/2024). ESA mengonfirmasi bahwa bola api tersebut adalah bagian dari komet yang meluncur di Spanyol dan Portugal, dengan kecepatan sekitar 100.000 mil per jam, atau sekitar 65 kali kecepatan tertinggi jet tempur Lockheed Martin F-16. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

ESA menambahkan, meteor tersebut kemungkinan terbakar di atas Samudra Atlantik pada ketinggian 38 mil atau 60 km di atas Bumi. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Ribuan pengguna media sosial mengunjungi X, Facebook, dan Reddit untuk mendiskusikan bola api yang terang dan berbagi gambar dan video yang menakjubkan. ESA menulis di X feed-nya bahwa “Kamera bola api milik ESA di Cáceres, Spanyol, melihat meteor menakjubkan ini tadi malam! Kantor Pertahanan Planet kami saat ini sedang menganalisis ukuran dan lintasan objek tersebut untuk menilai kemungkinan material apa pun berhasil sampai ke permukaan.” 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Komet A3 Makin Dekat ke Bumi dan Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang, Tandai Kalender Anda!

Pengguna X Colin Rugg membagikan cuplikan meteor yang menakjubkan di feed-nya, menulis, “Ini gila. Laporan awal mengklaim bahwa kilatan biru dapat terlihat melesat melintasi langit malam sejauh ratusan kilometer. Saat ini, hal tersebut belum dikonfirmasi jika menabrak permukaan bumi namun beberapa laporan mengatakan mungkin jatuh di dekat kota Castro Daire.” 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Organisasi berita dan media Nova Portugal juga membagikan cuplikan bola api yang diambil dari berbagai lokasi. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Sebuah meteorit menyinari langit Portugal dengan warna biru berkilauan tadi malam dan mengejutkan penduduk yang berada di luar pada saat meteorit tersebut melintas. Ribuan orang Portugis membagikan reaksi mereka terhadap peristiwa tersebut di jejaring sosial.” 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Bintang jatuh” seperti ini adalah potongan material yang terlepas dari benda yang lebih besar seperti asteroid, komet, bulan, atau bahkan planet lain dan memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi. Gesekan yang ditemui oleh pecahan-pecahan yang disebut meteoroid (nama yang diberikan ketika mereka berada di luar angkasa) menyebabkan mereka bersinar terang, menjadi meteor selama beberapa detik saat melintasi atmosfer, menciptakan jejak bercahaya. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Norwegia dan Irlandia Resmi Akui Palestina sebagai Negara, Spanyol Segera Menyusul

Sekitar 90 persen hingga 95 persen materi antarbintang yang sampai ke Bumi dengan cara ini tidak bertahan cukup lama untuk sampai ke Bumi. Jika meteoroid sampai ke Bumi, biasanya berupa debu atau partikel yang sangat kecil dan disebut meteorit. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sama seperti berbagai unsur kimia yang digunakan untuk menghasilkan kembang api dengan warna berbeda, warna bola api ini menunjukkan komposisi kimianya. Kilatan bola api berwarna biru atau hijau terang menunjukkan pembakaran magnesium. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Salah satu jenis meteorit yang diketahui mengandung magnesium adalah “pallasit”. Pallasit mengandung kristal-kristal besar berwarna hijau zaitun yang merupakan bentuk magnesium-besi silikat yang disebut olivin. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِي هَٰذَا الْقُرْآنِ لِلنَّاسِ مِن كُلِّ مَثَلٍ ۚ وَكَانَ الْإِنسَانُ أَكْثَرَ شَيْءٍ جَدَلًا الكهف [54] Listen
And We have certainly diversified in this Qur'an for the people from every [kind of] example; but man has ever been, most of anything, [prone to] dispute. Al-Kahf ( The Cave ) [54] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi