Sabtu, 27/07/2024 - 11:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Jual Hewan Qurban Pakai Jasa SPG Berpakaian Non-Syar’i, Ini Kata Ulama

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

SPG hewan qurban.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

JAKARTA — Viral penjual hewan qurban di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menggunakan jasa sales promotion girl (SPG) berpakaian non syar’i. Lantas, bagaimana Islam memandang praktik jual-beli hewan qurban menggunakan jasa SPG berpakaian non syar’i tersebut?

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Ketua Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PDPAB) Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Masyhuril Khamis mengatakan, akad jual beli tetap sah jika seluruh rukun jual beli terpenuhi. Pelanggaran syariat terkait SPG yang tidak berpakaian syar’i merupakan pelanggaran yang tidak akan berpengaruh kepada keabsahan akad jual beli hewan qurban itu.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Namun jika dilihat secara keseluruhan maka terjadi kontradiksi di dalamnya (di dalam praktik penjualan hewan qurban menggunakan jasa SPG berpakaian non syar’i),” kata Kiai Masyhuril kepada Republika, Selasa (21/5/2024)

Berita Lainnya:
Umar bin Khattab Pecat Pejabat yang Bertambah Kaya
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Kiai Masyhuril mengatakan, seseorang melaksanakan ibadah qurban tentu ingin mencari ridhao Allah. Seseorang mempersiapkan hewan qurban juga tentunya untuk memfasilitasi orang-orang yang akan beribadah qurban.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Maka sangat tidak elok jika kemudian (penjualan hewan qurban) dibungkus dengan suatu kemungkaran hanya untuk menarik jumlah pelanggan lebih banyak,” ujar Kiai Masyhuril yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Al Washliyah.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Di tempat lain, Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftahul Huda mengatakan hukum syariat terkait masalah menjual hewan qurban menggunakan jasa SPG perlu dipisahkan antara penggunaan pakaian yang tidak sesuai syariat dengan hukum jual beli hewan qurban.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Pertama jelas  wanita SPG tersebut tidak menutup aurat dengan baik, menutup aurat adalah kewajiban agama,” kata Kiai Huda.

Berita Lainnya:
Sa'ad bin Abi Waqash, Sahabat Nabi yang Dijamin Surga
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Kiai Huda menambahkan, sedangkan hukum jual beli secara syariat tetap sah dan hewan qurban tersebut tetap sah untuk dijadikan hewan qurban.

Menurut Kiai Huda, itu hanya masalah etika yang perlu diluruskan. Termasuk calon pequrban dan pembeli hewan qurban, jangan sampai membeli hewan qurban karena tertarik dengan SPG-nya atau ingin melihat SPG-nya.

Dalam foto dan video yang beredar di media sosial, nampak sejumlah SPG berpakaian ketat sedang memegang seekor kambing di dekat kandang kambing. Para SPG tersebut pakaiannya di atas lutut sehingga dari lutut ke bawah auratnya nampak jelas. Demikian juga tubuh bagian atasnya sebagian terlihat jelas, karena tidak ditutup dengan pakaian sesuai syar’i.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَاضْرِبْ لَهُم مَّثَلَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الْأَرْضِ فَأَصْبَحَ هَشِيمًا تَذْرُوهُ الرِّيَاحُ ۗ وَكَانَ اللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ مُّقْتَدِرًا الكهف [45] Listen
And present to them the example of the life of this world, [its being] like rain which We send down from the sky, and the vegetation of the earth mingles with it and [then] it becomes dry remnants, scattered by the winds. And Allah is ever, over all things, Perfect in Ability. Al-Kahf ( The Cave ) [45] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi