Senin, 03/06/2024 - 19:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Kedudukan Orang yang Menyantuni Anak Yatim di Surga

JAKARTA — Menyantuni anak yatim bukan sekadar suatu kegiatan amal biasa. Lebih dari itu, menyantuni anak yatim adalah panggilan kemanusiaan yang mendalam.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Ketika seseorang memilih untuk menyisihkan waktu, tenaga, dan sumber dayanya untuk memberikan perlindungan, kasih sayang, dan dukungan kepada anak-anak yang kehilangan orang tua, berarti seseorang tersebut memberi arti pada makna sejati dari keberadaannya sebagai manusia. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Dalam salah satu hadis dijelaskan bahwa setiap umat Muslim yang menyantuni anak yatim kedudukannya dengan Nabi Muhammad di surga sama seperti jari telunjuk dan jari tengah. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

عَنْ سَهْلِ بَْنِ سَعْدٍ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم : أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئاً

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya. (HR. Bukhari). 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Syekh Nawawi Al Bantani Disebut Sebagai Transmitter

Oleh karena itu, Islam memberikan perhatian khusus kepada anak yatim dan melarang keras eksploitasi terhadap mereka. Dalam Alquran terdapat banyak ayat yang mengingatkan umat Islam tentang pentingnya menjaga hak-hak anak yatim dan tidak diperbolehkan memakan harta anak yatim. Salah satunya Surat An-Nisa ayat 10 yang berbunyi:

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

اِنَّ الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ اَمْوَالَ الْيَتٰمٰى ظُلْمًا اِنَّمَا يَأْكُلُوْنَ فِيْ بُطُوْنِهِمْ نَارًاۗ وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيْرًاࣖ

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). (QS. An-Nisa: 10). 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS

Begitupun firman Allah dalam ayat lain menegaskan tentang ancaman bagi orang yang memakan harta anak yatim.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Empat Bahaya Memutus Persaudaraan
ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

وَلَا تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ حَتَّىٰ يَبْلُغَ أَشُدَّهُ

Janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa. (QS. Al-An’am: 152 dan Al-Isra’: 34).

Salah satu contoh memakan harta anak yatim yaitu seorang wali yang ditunjuk untuk mengelola harta warisan seorang anak yatim setelah kematian ayahnya. Alih-alih menjaga harta tersebut, wali tersebut menggunakan uang warisan untuk kepentingan pribadi, seperti membayar utang atau membeli barang-barang mewah untuk dirinya sendiri. Harta yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan anak yatim seperti pendidikan, makanan, dan tempat tinggal malah habis untuk kepentingan wali tersebut.

Perilaku tersebut tidak dibenarkan dalam Islam. Sebab, Islam mengajarkan setiap umat Muslim harus berperilaku baik terhadap sesama manusia, saling mengasihi, menjalin tali silaturahmi, dan menyantumi anak yatim dengan menyayangi mereka. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi