Senin, 17/06/2024 - 08:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Dishub dan Disdik Sumut Edukasi Sekolah Terkait Bus Study Tour

MEDAN — Dinas Perhubungan Provinsi Sumatra Utara bersama Dinas Pendidikan di wilayah setempat akan mengedukasi sekolah agar lebih selektif memilih angkutan yang akan digunakan study tour atau acara perpisahaan. Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus mengatakan setelah kecelakaan bus membawa rombongan pelajar yang terjadi di Kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat, dan meningkatnya kecelakaan lalu lintas, Menteri Perhubungan (Menhub) meminta agar pemakaian bus pariwisata lebih selektif.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Nah, selepas kecelakaan kemarin, kami dapat arahan dari Pak Menteri untuk mengantisipasi dengan pengawasan di terminal. Penggunaan angkutan pariwisata harus betul-betul selektif, artinya sekolah dan masyarakat ini harus memastikan kendaraan ini harus legal dan berizin. Ini yang kami upayakan dengan operator angkutan pariwisata agar mereka berizin,” ujar Agustinus, di Medan, Rabu (22/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Agustinus menjelaskan, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke sekolah di bawah naungan Disdik Sumut untuk mengedukasi sekolah agar lebih memahami pemakaian bus pariwisata. “Ini dalam waktu dekat kita persiapkan surat ke Disdik Sumut untuk mensosialisasikan hal ini ke sekolah-sekolah untuk memastikan kalau menggunakan angkutan pariwisata harus memastikan kendaraan layak jalan dan berizin, yang kedua kami edukasi ke operator angkutan bus di pertemuan-pertemuan,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
PT MRT Pastikan tak Ada Korban Jiwa dari Insiden Jatuhnya Alat Berat Konstruksi

Selain itu, pihaknya telah melakukan pemilihan pelajar pelopor yang berfungsi sebagai agen perubahan serta mempromosikan keselamatan berlalu lintas. “Melalui pelajar pelopor, kita berharap dapat meningkatkan kesadaran dan prilaku tertib berlalu lintas di kalangan masyarakat khususnya generasi muda serta paham dengan angkutan yang akan dipilih,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Agustinus mengaku pengawasan terhadap bus pariwisata cenderung lebih sulit. Untuk itu, pihaknya bersama bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) menginventarisasi dan memperketat pengawasan terhadap seluruh angkutan pariwisata di wilayah ini guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Ya, kalau bus pariwisata ini pengawasannya sedikit lebih sulit dibandingkan angkutan reguler, karena no trayek, dan operasionalnya kawasan wisata, jadi memang pemberian izin masih di Kemenhub dan tentunya harus lebih efektif kawan-kawan di BPTD Kemenhub,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Protes UKT Mahal, BEM SI Ajak Mahasiswa Mogok Kuliah Nasional

Dengan dilakukan berbagai upaya, diharapkan angka kecelakaan dapat ditekan dan keselamatan penumpang angkutan pariwisata di Sumatra Utara dapat terjamin.“Kita harus bersama-sama memastikan bahwa setiap perjalanan pariwisata di Sumut aman dan nyaman. Keselamatan adalah prioritas utama dalam pelayanan transportasi,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Abdul Haris Lubis meminta seluruh sekolah untuk mempersiapkan dengan matang jika mau mengadakan kegiatan perpisahan atau study tour. “Pastikan tempat yang mau dituju aman bagi siswa, perhatikan juga kondisi cuaca, kalau musim hujan jangan dibawa ke gunung. Sekolah harus memperhatikan keselamatan para siswa,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Pihaknya akan mengeluarkan surat edaran untuk mengimbau sekolah-sekolah yang ingin mengadakan kegiatan perpisahan atau study tour agar memperhatikan lebih ketat lagi keselamatan para siswanya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Sebenarnya, sering kita imbau melalui lisan, tetapi nanti kita siapkan surat edarannya, karena memang sudah ada peraturannya,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

أَمَّا السَّفِينَةُ فَكَانَتْ لِمَسَاكِينَ يَعْمَلُونَ فِي الْبَحْرِ فَأَرَدتُّ أَنْ أَعِيبَهَا وَكَانَ وَرَاءَهُم مَّلِكٌ يَأْخُذُ كُلَّ سَفِينَةٍ غَصْبًا الكهف [79] Listen
As for the ship, it belonged to poor people working at sea. So I intended to cause defect in it as there was after them a king who seized every [good] ship by force. Al-Kahf ( The Cave ) [79] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi