Rabu, 19/06/2024 - 02:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menkop UKM Dorong Pelaku Usaha Mikro Bermental Pengusaha

 JAKARTA — Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan pentingnya para pelaku usaha mikro untuk mengubah pola pikir dari sekadar usaha untuk bertahan hidup menjadi bermental seperti pengusaha yang ingin terus maju dan berkembang.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Masalahnya itu ada di pola pikir usaha mikro yang merasa sudah cukup. Karena, awal berbisnisnya hanya untuk menghidupi keluarga,” kata Teten pada acara Forum Pendampingan Usaha Mikro Mandiri di Bogor, Rabu, dikutip dari siaran pers Kemenkop UKM.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Teten mengakui masih ada kendala yang dihadapi para pelaku usaha mikro untuk tumbuh, seperti kesulitan mengakses pasar, bahan baku, hingga akses ke teknologi.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Ia mengatakan bahwa banyak peluang dan kesempatan bagi pelaku usaha mikro untuk berkembang. Ia mencontohkan usaha mikro di Jepang yang sukses membangun produk oleh-oleh khas negaranya dengan kemasan super cantik.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Oleh karena itu, program pendampingan pelaku usaha mikro ini, menurutnya, harus dilanjutkan dengan memadukan dan memperkaya pola atau strategi yang terintegrasi ke depan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Setelah Keliling Indonesia, Pemilik Burj Khalifa Yakin Wisata RI Bisa Tumbuh 300 Persen

Menkop UKM berharap ke depan UMKM berbasis kewirausahaan akan menumbuhkan ekonomi baru di subsektor UMKM, tidak hanya kuliner, fesyen, kriya, tetapi juga UMKM di bidang jasa dan digital, seperti game, aplikasi, film, musik, dan fotografi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Yulius menjelaskan program pendampingan usaha mikro mandiri ini bertujuan untuk memberikan akses dan ruang bagi pelaku usaha mikro dalam meningkatkan keahlian serta kemampuan kompetensi kewirausahaan dan manajemen, termasuk akses untuk sertifikasi produk, seperti sertifikasi halal, SPP-PIRT, dan HKI hingga akses perbankan maupun lembaga keuangan lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Kedua, menyediakan wadah untuk memamerkan produk unggulan dan jejaring pasar bagi peserta. Ketiga, meningkatkan komitmen dan sinergi berbagai pihak dalam program pendampingan berkelanjutan bagi pelaku usaha mikro.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Jelajah Kuliner Nusantara di Medan Dorong Dampak Berkelanjutan Ekonomi Masyarakat

Yulius menyebut pada tahun ini Kemenkop UKM akan menggandeng dua perguruan tinggi untuk melanjutkan program tersebut, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gajah Mada (UGM).

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Kami berharap ekosistem pendampingan usaha mikro semakin kuat dan berkembang untuk menumbuhkan ekonomi baru dan juga usaha mikro yang naik kelas, mandiri, juga berkelanjutan,” kata Yulius.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Yulius menyampaikan program pendampingan usaha mikro mandiri pada 2023 menunjukkan bahwa 36 persen peserta program naik omzetnya, 28 persen mengalami kenaikan aset, dan 23 persen bertambah tenaga kerjanya.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

“Selain itu, program ini juga menghubungkan peserta dengan akses pemasaran ke agregator, seperti Evermos, Transmart, Yomart, Krisna, dan Hamzah Batik,” ucap Yulius.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

لَّٰكِنَّا هُوَ اللَّهُ رَبِّي وَلَا أُشْرِكُ بِرَبِّي أَحَدًا الكهف [38] Listen
But as for me, He is Allah, my Lord, and I do not associate with my Lord anyone. Al-Kahf ( The Cave ) [38] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi