Selasa, 25/06/2024 - 16:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Tingkatkan Penggunaan Biodiesel, Lemigas Uji Coba B40 pada Kereta Api

Lokomotif kereta api rel diesel (KRD).

 JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tahun 2024 ini menjalankan uji terap B40 untuk beberapa sektor di luar sektor otomotif. Uji terap campuran bahan bakar minyak jenis minyak solar dengan biodiesel 40 persen atau B40 ini dilakukan untuk kereta, kapal, alat mesin pertanian, alat berat hingga pembangkit. Kementerian ESDM merencanakan uji terap sektor non-otomotif ini dilaksanakan dengan rentang waktu hingga 8 bulan.

Berita Lainnya:
Ini Cerita Sukses Ibu Elly, Nasabah PNM Mekaar Perintis Usaha Nastar Semanggi

Sebagai salah satu tahapan dalam uji terap ini, LEMIGAS sebagai Unit Pengujian di bawah Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi melaksanakan joint inspection dengan PT KAI, PT Pertamina Patra Logistik, dan KA Logistik di Depo Arjawinangun, Cirebon pada 14 Mei 2024 lalu.

Kepala LEMIGAS Mustafid Gunawan menjelaskan pada tahap ini LEMIGAS melakukan survei pembangunan infrastruktur persiapan uji penggunaan B40 pada sektor kereta api. “Dengan berbekalkan tenaga ahli yang dimiliki survei berjalan dengan lancar,” kata Mustafid, Kamis (23/5/2024).

Berita Lainnya:
Pertama Kali Dirating Pefindo, BUMN Peruri Raih Peringkat AAA

Sebelumnya, Kementerian ESDM menetapkan kuota penyaluran biodiesel B35, bauran solar dengan 35 persen BBN berbasis minyak sawit, sebesar 13,41 juta kiloliter (kl) untuk 2024. Kuota itu ditetapkan berdasar pada keberhasilan penyaluran B35 sepanjang 2023.

Pemerintah sebelumnya sempat melakukan uji terap B40 untuk kendaraan. Namun pada akhirnya pemerintah mengambil jalan tengah dengan akhirnya menerapkan B35. Sepanjang tahun lalu realisasi penyaluran B35 sepanjang 2023 mencapai 12,15 juta KL.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَإِذِ اعْتَزَلْتُمُوهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ فَأْوُوا إِلَى الْكَهْفِ يَنشُرْ لَكُمْ رَبُّكُم مِّن رَّحْمَتِهِ وَيُهَيِّئْ لَكُم مِّنْ أَمْرِكُم مِّرْفَقًا الكهف [16] Listen
[The youths said to one another], "And when you have withdrawn from them and that which they worship other than Allah, retreat to the cave. Your Lord will spread out for you of His mercy and will prepare for you from your affair facility." Al-Kahf ( The Cave ) [16] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi