Rabu, 19/06/2024 - 02:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Berapa Lama Lubang Tindikan di Telinga Bisa Kembali Menutup?

Jika tindikan baru dibuat, lubang akan segera menutup jika tak diberi anting.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTALubang tindikan di telinga ternyata tidak akan selamanya terbuka. Apabila seseorang tidak memakai anting-anting cukup lama, ada kemungkinan lubang tindikan bisa menutup. Apalagi, jika tindikan di telinga baru dibuat, lubangnya bisa lebih cepat menutup jika tidak dipasangi anting-anting.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Hal itu disampaikan oleh salah satu pendiri dan CMO Studs, Lisa Bubbers.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

“Jika Anda memiliki tindikan baru, lubang Anda akan menutup dalam beberapa jam. Saat Anda membuat lubang di telinga, sistem kekebalan Anda akan bekerja dan mencoba menyembuhkan dan memperbaiki lubang itu,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Dikutip dari laman Today, Jumat (24/5/2024), Bubbers menjelaskan bahwa kecepatan penyembuhan tindikan berbeda-beda pada setiap orang. Itu juga bergantung pada jenis tindikan yang dibuat. Biasanya, tindik daun telinga akan sembuh dalam waktu 6-12 pekan. Tindik di bagian atas telinga (terutama yang melibatkan tulang rawan) bisa memakan waktu beberapa bulan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, Bubbers merekomendasikan penggunaan anting yang terbuat dari logam tingkat implan sehingga tubuh akan membentuk lapisan yang telah disembuhkan di sekitar logam tersebut. Jangan melepas anting selama lebih dari 24 jam selama enam bulan pertama usai penindikan untuk mencegah lubangnya menutup.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Tips Aman Cabut Gigi Bungsu Agar tak Membahayakan Nyawa

Setelah masa penyembuhan usai melakukan tindikan, lubang tindik memang tidak lagi mudah tertutup. Namun, penindik profesional Jef Saunders yang merupakan koordinator hubungan masyarakat untuk Association of Professional Piercers, mengatakan tidak ada lubang tindik yang permanen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Artinya, selalu ada kemungkinan tindikan akan tertutup jika seseorang melepaskan anting-anting dalam jangka waktu lama. Sulit untuk memprediksi seberapa cepat tubuh akan mencoba menutup tindikan. Secara umum, semakin baru usia tindikan, semakin besar kemungkinan tindikan tersebut akan menutup.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Tidak pernah ada jaminan sebuah tindikan menjadi permanen,” kata Saunders.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Bagaimana dengan tindikan yang sudah dimiliki sejak kecil? Apakah ada kemungkinan benar-benar akan menutup atau apakah aman untuk mengambil jeda beberapa pekan tidak memakai anting-anting? Pelatih korporat dan manajer pengembangan bisnis Studex, Frances Miranda, berpendapat kemungkinan besar lubang tersebut akan tetap terbuka.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Dokter Tegaskan Pentingnya Keamanan Pangan Cegah Penyakit pada Anak

“Namun, hal ini bervariasi berdasarkan berapa lama Anda telah melakukan penindikan dan juga pada kemampuan penyembuhan tubuh Anda,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Apa yang harus dilakukan jika mengenakan anting-anting sudah terasa sulit? Apakah lubang tindik sudah tertutup sepenuhnya? Pakar tindik di Nine Moons Piercing, Johnny Pearce, mengatakan hal itu biasa terjadi apabila seseorang tidak memakai anting-anting secara konsisten dalam jangka waktu lama.

Saran dari Pearce, jangan memaksakan anting-anting untuk menembus lubang tindikan, sebab itu akan menyakitkan. Memaksakan anting-anting untuk masuk bisa mengubah lubang tindikan malah menjadi luka terbuka dan menyebabkan pembengkakan, infeksi, dan jaringan parut.

Pilihan terbaik adalah mencari bantuan penindik profesional untuk mengetahui apakah lubang tindikan benar-benar tertutup atau hanya menyusut.

“Mungkin saja lubang tindikan masih terbuka, hanya menjadi sedikit lebih kecil. Saya biasanya menyebut ini sebagai penyusutan tindikan,” ungkap Pearce.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ بَيْنَ السَّدَّيْنِ وَجَدَ مِن دُونِهِمَا قَوْمًا لَّا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ قَوْلًا الكهف [93] Listen
Until, when he reached [a pass] between two mountains, he found beside them a people who could hardly understand [his] speech. Al-Kahf ( The Cave ) [93] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi