Senin, 17/06/2024 - 06:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

4 Ciri Orang tak Bahagia, Ada yang Merasa?

JAKARTA — Ada saja orang yang tidak bahagia, meski memiliki banyak harta dan kemudahan. Apa saja ciri orang tak bahagia? berikut ini ulasannya

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pertama, suka membicarakan orang lain

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali menemui orang yang tampak tidak bahagia, dan salah satu kecenderungan yang sering diidentifikasi adalah kebiasaan mereka untuk membicarakan orang lain atau gosip. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Gosip bisa menjadi bentuk ekspresi dari ketidakpuasan pribadi, rasa tidak aman, atau bahkan kebutuhan untuk merasa lebih baik tentang diri sendiri dengan membandingkan diri dengan orang lain. Perilaku tersebut bisa sampai pada ghibah, sehingga setiap orang yang melakukan ghibah akan mendapatkan dosa besar. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Padahal dalam hadis dijelaskan bahwa siapapun yang berusaha menutupi aib saudaranya maka ganjaran dari Allah adalah akan ditutup aibnya ketika di dunia dan akhirat. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

مَن نفَّسَ عن مُؤْمنٍ كُرْبَةً مِن كُرَبِ الدُّنيا؛ نفَّسَ اللهُ عَنه كُرْبَةً مِن كُرَبِ يَوْمِ القِيامَةِ، ومَن ستَرَ مُسْلمًا ستَرَه اللهُ في الدُّنيا والآخِرَةِ، ومَن يسَّرَ على مُعْسِرٍ يسَّرَ اللهُ عليه في الدُّنيا والآخِرَةِ، واللهُ في عَوْنِ العَبْدِ ما كان العَبْدُ في عَوْنِ أَخيه

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Allah Menguji Manusia Lewat Takaran Rezeki yang Berbeda-beda

Barangsiapa melepaskan kesusahan seorang muslim dari kesusahan dunia, Allah akan melepaskan kesusahannya pada hari kiamat. Barangsiapa menutupi aib seseorang, Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Barangsiapa memudahkan orang yang susah, Allah akan mudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya selama ia menolong saudaranya. (HR. Muslim no. 2699, At-Tirmidzi no. 2945, Ibnu Majah no. 225, Abu Dawud no. 1455, Ahmad no. 7427).

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Kedua, merasa iri melihat kebahagiaan orang lain

Iri hati sering kali muncul dari kurangnya rasa penghargaan terhadap apa yang kita miliki sendiri. Ketika kita terlalu fokus pada apa yang dimiliki orang lain dan mengabaikan berkat dan prestasi kita sendiri, kita cenderung merasa tidak puas dan merasa bahwa kebahagiaan ada di tempat lain.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Selain itu, iri hati sering kali menciptakan lingkungan sosial yang tidak sehat dan penuh dengan persaingan yang tidak perlu. Ketika seseorang terobsesi dengan kesuksesan atau keberuntungan orang lain, itu bisa menghasilkan atmosfer yang kompetitif dan beracun di antara hubungan antarpribadi. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kondisi seperti ini dapat mengakibatkan ketidakpercayaan, konflik, dan kesenjangan sosial yang merugikan bagi semua pihak yang terlibat.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Dalam hadis dijelaskan:

Berita Lainnya:
Surat Yasin Lengkap: Arab, Latin, dan Terjemahannya

لاَ حَسَدَ إِلاَّ في اثْنَتَيْنِ : رَجُلٌ آتَاهُ اللهُ القُرْآنَ ، فَهُوَ يَقُومُ بِهِ آنَاء اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ ، وَرَجُلٌ آتَاهُ اللهُ مَالاً ، فَهُوَ يُنْفِقُهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ

Tidak boleh hasad kecuali pada dua perkara: seseorang yang diberikan kepandaian Alquran oleh Allah, lalu ia membaca dan mengamalkannya pada malam dan siang hari, dan seseorang yang diberi harta oleh Allah, lalu ia menginfakkannya pada malam dan siang hari. (HR. Bukhari dan Muslim). 

Oleh karena itu, Islam hanya memperbolehkan iri pada hal-hal kebaikan. Begitupun dalam Alquran Allah ta’ala berfirman:

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَى بَعْضٍ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

Janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. An-Nisa: 32).

 

KETIGALihat halaman berikutnya >>>

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ سَتَجِدُنِي إِن شَاءَ اللَّهُ صَابِرًا وَلَا أَعْصِي لَكَ أَمْرًا الكهف [69] Listen
[Moses] said, "You will find me, if Allah wills, patient, and I will not disobey you in [any] order." Al-Kahf ( The Cave ) [69] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi