Sabtu, 15/06/2024 - 11:22 WIB

Astronom Temukan Exoplanet Mirip Bumi yang Berpotensi Layak Huni

Planet bumi (ilustrasi). Astronom telah menemukan exoplanet mirip Bumi yang berpotensi layak huni, bernama Gliese 12 b.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Dalam sebuah terobosan menarik, para astronom telah menemukan exoplanet mirip Bumi yang berpotensi layak huni, bernama Gliese 12 b. Exoplanet tersebut mengorbit bintang kerdil merah dingin yang hanya berjarak 40 tahun cahaya dari Bumi.

Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Dilansir Study Finds, Sabtu (25/5/2024), Gliese 12 b pertama kali terlihat oleh dua tim internasional menggunakan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA, yang memantau kecerahan bintang, mencari kemiringan kecil yang disebabkan oleh planet yang melintas di depannya. Temuan mereka, yang diterbitkan dalam Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, menyoroti pentingnya dunia baru ini.

Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Penemuan Gliese 12 b sangat menarik karena merupakan salah satu dari segelintir planet beriklim sedang yang mirip Bumi yang cukup dekat dengan Bumi untuk dipelajari menggunakan fasilitas yang ada saat ini. Para peneliti mengatakan exoplanet ini diperkirakan memiliki suhu permukaan 42 derajat Celcius, lebih rendah dari sebagian besar 5.000 exoplanet yang telah dikonfirmasi sejauh ini.

ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Kualitas Udara Jakarta Kembali Duduki Nomor Satu Terburuk di Dunia

“Gliese 12 b mewakili salah satu target terbaik untuk mempelajari apakah planet seukuran Bumi yang mengorbit bintang-bintang dingin dapat mempertahankan atmosfer-atmosfernya, sebuah langkah penting untuk memajukan pemahaman kita tentang kelayakan huni di planet-planet di seluruh galaksi kita,” kata Shishir Dholakia, seorang mahasiswa doktoral di galaksi kita. Centre for Astrophysics di University of Southern Queensland di Australia, yang ikut memimpin salah satu tim peneliti.

Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Untuk menentukan periode orbit yang benar dan memastikan keberadaan planet ini, para astronom menggunakan pesawat ruang angkasa CHEOPS (CHaracterizing ExOPlanets Satellite) dan teleskop berbasis darat, termasuk MINERVA-Australis, SPECULOOS, dan Purple Mountain Observatory. Pengamatan lanjutan ini secara meyakinkan menunjukkan bahwa Gliese 12 b mengorbit bintangnya setiap 12,76 hari, menempatkannya di zona beriklim sedang di mana suhu memungkinkan adanya air cair di permukaan.

Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Badai Matahari Bisa Sebabkan Satelit di Bumi Alami Gangguan

Namun, para peneliti mengatakan jika atmosfernya mirip Venus atau tidak ada atmosfer sama sekali, planet tersebut tidak akan ramah lingkungan. Mempelajari atmosfer exoplanet ini juga dapat menjelaskan mengapa Bumi dan Venus, meskipun memiliki kesamaan, berevolusi dengan sangat berbeda.

Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Yang membuat Gliese 12 b begitu menarik adalah kemiripan ukurannya dengan Bumi. Dengan radius hanya 1,0 kali radius planet kita, ini adalah salah satu exoplanet terkecil yang ditemukan hingga saat ini. Namun, seukuran Bumi belum tentu mirip dengan Bumi.

Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024