Senin, 17/06/2024 - 06:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

UNM Gali Kreativitas Mahasiswa Agar Jadi Pionir Inovasi dalam Pendidikan

 JAKARTA — Mahasiswa merupakan agen perubahan yang potensial dalam dunia pendidikan. Mereka tidak hanya bertindak sebagai penerima ilmu, tetapi juga sebagai pencipta inovasi yang memperkaya pengalaman belajar.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam era digital dan globalisasi seperti sekarang, kemampuan untuk berinovasi menjadi kunci dalam menyelesaikan tantangan kompleks yang dihadapi oleh masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk menggali dan mendorong potensi kreativitas mahasiswa di lingkungan pendidikan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Taopik Hidayat selaku staf wakil rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) bidang non akademik menekankan bahwa inovasi adalah suatu keharusan dalam menapaki masa depan. “Inovasi bukanlah pilihan, melainkan keharusan dalam membangun masa depan yang lebih baik, kata Taopik dalam rilis yang diterima, Ahad (25/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Menurut Taopik, mahasiswa harus menjadi pionir dalam menghasilkan ide-ide baru yang dapat memberikan solusi bagi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Dengan kata lain, kreativitas mahasiswa bukanlah sekadar pelengkap, melainkan fondasi yang membangun masa depan yang lebih baik.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Salah satu cara untuk merangsang kreativitas mahasiswa adalah melalui pendekatan pembelajaran yang kolaboratif dan berbasis proyek. Dengan cara ini memungkinkan mahasiswa untuk bekerja dalam tim dan menyelesaikan proyek-proyek nyata, mereka memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang mereka dapatkan di kelas ke dalam konteks praktis. Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran, tetapi juga mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif,” terangnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Innalillahi Korban Jiwa Longsor di Papua Nugini Bertambah Menjadi 300 Jiwa

Selain itu, kata Taopik lingkungan belajar yang mendukung juga sangat penting dalam memfasilitasi kreativitas mahasiswa. Universitas dan perguruan tinggi perlu menyediakan ruang dan sumber daya yang memadai bagi mahasiswa untuk bereksplorasi dan bereksperimen dengan ide-ide baru mereka. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Dukungan dari dosen dan staf akademik dalam memberikan bimbingan dan masukan juga akan memperkuat motivasi mahasiswa untuk terus berinovasi,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Taopik menambahkan tidak hanya itu, keberadaan komunitas dan organisasi di kampus juga dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas mereka. Melalui partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti klub penelitian, kelompok diskusi atau acara seni budaya, mahasiswa dapat bertukar ide dan mendapatkan inspirasi dari sesama rekan mereka. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Pasangan Anies-Pras Berpeluang Maju di Pilkada Jakarta, PKS Siap Berkoalisi dengan PDIP

“Interaksi antar-mahasiswa dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu juga dapat memperluas pandangan mereka dan menghasilkan solusi yang lebih inovatif,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Kembali Taopik menegaskan, tantangan dalam menggali potensi kreativitas mahasiswa juga tidak bisa diabaikan. Beban akademik yang berat, kurangnya dukungan finansial dan keterbatasan waktu seringkali menjadi hambatan bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi ide-ide baru mereka. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Perlu adanya upaya dari berbagai pihak, baik itu perguruan tinggi, pemerintah, maupun sektor swasta, untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong inovasi di kalangan mahasiswa,” kata Taopik. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Di era di mana perubahan terjadi begitu cepat, ungkapnya kemampuan untuk berinovasi menjadi kunci keberhasilan bagi mahasiswa. “Dengan menggali potensi kreativitas melalui pendekatan pembelajaran yang kolaboratif, lingkungan belajar yang mendukung dan partisipasi dalam komunitas di kampus, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang mampu menciptakan solusi-solusi inovatif bagi tantangan-tantangan masa depan,” ujar Taopik.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنزٌ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا فَأَرَادَ رَبُّكَ أَن يَبْلُغَا أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنزَهُمَا رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ ۚ وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ۚ ذَٰلِكَ تَأْوِيلُ مَا لَمْ تَسْطِع عَّلَيْهِ صَبْرًا الكهف [82] Listen
And as for the wall, it belonged to two orphan boys in the city, and there was beneath it a treasure for them, and their father had been righteous. So your Lord intended that they reach maturity and extract their treasure, as a mercy from your Lord. And I did it not of my own accord. That is the interpretation of that about which you could not have patience." Al-Kahf ( The Cave ) [82] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi