Minggu, 16/06/2024 - 10:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Alquran Kisahkan Kaum Nabi Saleh yang Dibinasakan, Dimanakah Lokasinya Kini?

 JAKARTA— Alquran mengisahkan kaum para nabi yang dibinasakan akibat mereka membangkang dari ajakan tauhid. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Salah satunya adalah yang menimpa kaum Nabi Saleh alaihissalam. Dalam Alquran, dibinasakannya kaum Nabi Saleh ini karena perbuatan mereka yang membangkang terhadap ajakan Nabi Saleh dan mengingkari kekuasaan Allah SWT. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Mereka sengaja membunuh unta betina yang dikirimkan kepada mereka untuk dipelihara. Kaum Nabi Saleh ini, dalam Alquran, disebut dengan nama Tsamud. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Kisah pengingkaran dan pembangkangan kaum Tsamud ini terekam dalam surah Alqamar [54]: ayat 23-26.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

كَذَّبَتْ ثَمُودُ بِالنُّذُرِفَقَالُوا أَبَشَرًا مِنَّا وَاحِدًا نَتَّبِعُهُ إِنَّا إِذًا لَفِي ضَلَالٍ وَسُعُرٍأَأُلْقِيَ الذِّكْرُ عَلَيْهِ مِنْ بَيْنِنَا بَلْ هُوَ كَذَّابٌ أَشِرٌ

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

سَيَعْلَمُونَ غَدًا مَنِ الْكَذَّابُ الْأَشِرُ

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Kaum Tsamud pun telah mendustakan ancaman-ancaman (itu). Maka, mereka berkata, Bagaimana kita akan mengikuti seorang manusia (biasa) di antara kita? Sesungguhnya, kalau kita begitu, benar-benar berada dalam keadaan sesat dan gila. Apakah wahyu itu diturunkan kepadanya di antara kita? Sebenarnya dia adalah seorang yang amat pendusta lagi sombong. Kelak mereka akan mengetahui siapakah yang sebenarnya amat pendusta lagi sombong. Sesungguhnya, Kami akan mengirimkan unta betina sebagai cobaan bagi mereka, maka tunggulah (tindakan) mereka dan bersabarlah. Dan beritakanlah kepada mereka bahwa sesungguhnya air itu terbagi antara mereka (dengan unta betina itu); tiap-tiap giliran minum dihadiri (oleh yang punya giliran). Maka mereka memanggil kawannya, lalu kawannya menangkap (unta itu) dan membunuhnya. Alangkah dahsyatnya azab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku. Sesungguhnya, Kami menimpakan atas mereka satu suara yang keras mengguntur, maka jadilah mereka seperti rumput kering (yang dikumpulkan oleh) yang punya kandang binatang.”  (QS Alqamar [54]: 23-31).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Kapan Puasa Arafah 2024? Catat Tanggalnya

Azab yang diberikan kepada kaum Nabi Tsamud ini disebabkan mereka membunuh unta betina. Kisah serupa juga terdapat dalam surah Hud [11]: 61-62, Ibrahim [14]: 9, Al-A’raf [7]: 72-76, Annaml [27]: 47-50, dan Asysyuara [26]: 141-157.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Perkampungan tempat kaum Tsamud itu bernama Al-Hijr (batu-batu) karena rumah mereka terbuat dari tanah yang dipahat. Kaum Tsamud dikenal pula sebagai entrepreneur yang sangat hebat karena mampu membuat rumah berukir di bukit-bukit, gunung, gua, dan lainnya. Hingga kini, perkampungan mereka itu terkenal dengan sebutan Madain Saleh.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Pesan Rasulullah dan Dugaan Kesaksian Palsu dalam Kasus Vina Cirebon

Menurut Sami bin Abdullah Al-Maghluts dalam Athlas Tarikh al-Anbiya wa ar-Rusul, lokasi Madain Saleh itu terletak di sebelah utara sekitar 440 kilometer dari Madinah al-Munawarah.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Hal yang sama juga disebutkan Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Hadits. Menurut Syauqi, sebagaimana dikutip dari kitab Ar-Raudh al-Mi’thar halaman 189, Al-Hijr merupakan tempat kaum Tsamud mengamwbil air di pegunungan Madain Saleh.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Kemudian, dari dataran tingginya, terhampar lembah al-Qura. Alirannya melewati al-‘Ula, yang jaraknya sekitar 25 kilometer dari arah utara. 

sumber : Harian Republika

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

فَمَا اسْطَاعُوا أَن يَظْهَرُوهُ وَمَا اسْتَطَاعُوا لَهُ نَقْبًا الكهف [97] Listen
So Gog and Magog were unable to pass over it, nor were they able [to effect] in it any penetration. Al-Kahf ( The Cave ) [97] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi