Senin, 17/06/2024 - 15:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Anjing Meme Viral Kabosu Dikabarkan Mati, Ternyata Punya Kisah Kelam di Hidupnya

JAKARTA — Anjing shiba dengan ekspresi wajah skeptisnya menjadi salah satu meme viral tahun 2010-an. Anjing bernama Kabosu yang menginspirasi mata uang kripto itu dikabarkan telah mati. Kabar ini disampaikan oleh pemiliknya pada Jumat (24/5/2024). 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Atsuko Sato menulis di blog pribadinya bahwa anjing berusia 18 tahun itu mati dengan tenang pada Jumat (24/5/2024) pagi di rumahnya di Sakura, Jepang, saat Sato sedang mengelusnya. “Kabo-chan”, begitu Sato memanggilnya dengan penuh kasih sayang, “tenang, baik hati, dan santai”.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Kabosu telah sakit beberapa tahun. “Di kepala saya, saya masih ingin (Kabosu) hidup, tetapi saya pikir saya mengetahuinya di dalam jiwa saya: ini waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal,” kata Sato kepada Washington Post melalui email pada Jumat (24/5/2024). 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Dilansir Washington Post, Ahad (26/5/2024), Kabosu merupakan wajah dari meme doge yang gembira, ekspresi bingungnya dikelilingi oleh monolog batin berupa frasa berombak dalam tata bahasa unik yang ditulis dalam font Comic Sans berwarna pelangi. Sebelum menjadi viral, hari-hari awal Kabosu lebih kelam. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Menurut Sato, Kabosu termasuk di antara 19 anjing Shiba yang dikirim ke tempat penampungan anjing Jepang setelah pabrik anak anjing (puppy mill) ditutup. Sebagian besar anak anjing dibunuh, namun Kabosu berhasil diselamatkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Kuliner Tempong PNS Hadir di Serpong, Sajikan Sambal Khas Banyuwangi

Sato, seorang guru taman kanak-kanak yang menyukai hewan peliharaan, mengadopsi Kabosu pada 2008 dan segara mulai memposting foto-foto lucu hewan peliharaannya ke blognya. Dua tahun kemudian, Kabosu mulai bermunculan di tempat-tempat tidak terduga secara daring.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Dalam sejarah meme doge 2013 yang diterbitkan oleh situs web the Verge, Sato mengatakan dia “terkejut” saat menemukan wajah hewan peliharaannya tersebar di internet, khususnya gambar Kabosu yang sedang duduk di sofa, dengan kaki terlipat rapi saat dia melihat ke samping kamera. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Sebagai meme ”doge” (yang namanya diambil dari serial web komedi surealis Homestar Runner) adalah sesuatu yang konyol namun sangat populer. Wajah Kabosu yang semakin mudah dikenali.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Wajah Kabosu menginspirasi dogecoin mata uang kripto. Pada 2021, dogecoin menikmati lonjakan singkat sebesar 800 persen ketika didorong oleh thread Reddit. Dogecoin menjadi stok meme populer seperti GameStop dan AMC serta memiliki pendukung terkemuka termasuk Elon Musk. Tesla dan SpaceX milik Musk menerima mata uang tersebut. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Catat! Ini Jadwal Konser Musik Jakarta Fair 2024

Akhir 2022, Kabosu didiagnosis menderita leukemia dan kolangiohepatitis, penyakit radang hati dan saluran empedu, serta tidak makan. Berdasarkan The Verge, ketenaran Kabosu tidak pernah dimanfaatkan untuk sponsorships yang menguntungkan dan kesepakatan-kesepakatan branding seperti Boo the Pomeranian, Grumpy Cat, dan hewan terkenal di internet lainnya. Sato pada saat itu mengatakan, ingin ketenaran Kabosu meningkatkan kesadaran tentang tempat-tempat penampungan hewan dan puppy mills seperti tempat asal Kabosu. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Saya ingin memberikan kontribusi kepada mereka, membantu hewan-hewan terlantar itu. Akan menyenangkan jika Kabosu dapat memainkan peran itu,” kata Sato pada 2013.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sato mengatakan kepada The Post pada Jumat (24/5/2024) bahwa dia dalam semangat yang baik meskipun kehilangan teman lamanya. Dia merencanakan “pesta perpisahan yang menyenangkan” untuk Kabosu pada Ahad (26/5/2024). 

Meskipun Kabosu telah tiada secara raga, Sato mengatakan jiwanya tetap hidup. “Saya merasakannya. Itulah mengapa saya tidak terlalu banyak menangis,” ujarnya.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَيَوْمَ يَقُولُ نَادُوا شُرَكَائِيَ الَّذِينَ زَعَمْتُمْ فَدَعَوْهُمْ فَلَمْ يَسْتَجِيبُوا لَهُمْ وَجَعَلْنَا بَيْنَهُم مَّوْبِقًا الكهف [52] Listen
And [warn of] the Day when He will say, "Call 'My partners' whom you claimed," and they will invoke them, but they will not respond to them. And We will put between them [a valley of] destruction. Al-Kahf ( The Cave ) [52] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi