Senin, 17/06/2024 - 05:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

7 Tips Aman Beli Rumah Melalui Sistem Lelang Bank

 JAKARTA — Mencari rumah dengan harga yang ideal bukanlah perkara mudah. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan impian mendapatkan rumah terbaik, salah satunya membeli rumah melalui lelang bank.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pembelian rumah melalui lelang bank dapat memberikan berbagai keuntungan untuk Anda, mulai dari harga lebih terjangkau hingga proses yang cepat. Tak sedikit juga properti hasil lelang bank sudah siap huni (full furnished) atau hanya memerlukan sedikit perbaikan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Meski begitu, Anda tetap perlu menyiapkan beberapa hal agar bisa mendapatkan rumah lelang bank yang sesuai kebutuhan dan anggaran, sekaligus dapat memanfaatkan potensi investasi dari aset properti tersebut.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Pertama, Anda tentu perlu memahami konsep rumah lelang bank. Sesuai namanya, rumah lelang bank adalah rumah atau properti yang disita oleh bank dan dijual melalui proses lelang.  

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Penyitaan properti bisa terjadi ketika pemilik sebelumnya gagal dalam membayar hipotek, sehingga bank sebagai pemberi pinjaman mengambil alih properti tersebut untuk diperjualbelikan melalui sistem lelang.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Berikut tips yang bisa Anda terapkan sebelum membeli rumah lelang bank agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

1. Harga Pasaran Rumah

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Sebelum memutuskan membeli rumah, Anda perlu mencari tahu harga pasaran di sekitar properti yang Anda minati. Hal ini dapat membantu Anda menetapkan batas harga dan memastikan bahwa Anda tidak membayar terlalu mahal untuk properti tersebut saat proses lelang.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Ormas Kelola Tambang, Pengamat: Harus Melalui Proses Lelang

 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

2. Lokasi Rumah

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Lokasi rumah juga menjadi faktor penting dalam nilai properti. Pastikan memilih rumah lelang bank yang berada di lokasi strategis, dekat dengan fasilitas umum, terhubung dengan transportasi umum, dan memiliki potensi apresiasi nilai yang baik di masa depan.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 

3. Cek Kelengkapan Dokumen Rumah

Sebelum mengikuti lelang, pastikan Anda telah meneliti dan memeriksa dokumen-dokumen properti dengan cermat. Dokumen tersebut mencakup sertifikat, surat-surat tanah, dan surat berharga lain mengenai informasi penting terkait kepemilikan properti.

 

4. Latar Belakang Properti

Pahami latar belakang dan kondisi properti yang akan dibeli. Jadi, jangan ragu untuk mencari informasi tentang kondisi fisik bangunan, potensi perbaikan, serta apakah ada masalah hukum yang perlu Anda pertimbangkan.

 

5. Pilih Sesuai Kemampuan Finansial

Pastikan untuk menentukan batas finansial Anda untuk mengikuti lelang. Caranya, tentukan anggaran maksimum yang dapat Anda keluarkan dan jangan sampai melebihi batas tersebut. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi agar tidak terjebak dalam utang yang bisa membawa masalah di kemudian hari.

Nah, di Info Lelang BRI, Anda bisa mengetahui harga dari setiap aset properti yang dilelang secara transparan. Anda juga bisa menentukan batas bawah dan batas atas harga aset melalui fitur Filter Harga.

Berita Lainnya:
Target RUU BUMN, Sesmen: Kalau Bisa Secepatnya

Selain itu, Info Lelang BRI memiliki beberapa fitur unggulan lain yang dapat membantu Anda menemukan rumah lelang bank idaman, yakni Hot Deals dan Clean & Clear.

 

6. Pahami Syarat & Ketentuan Lelang

Setiap lelang tentu memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu membaca dan memahami semua aturan lelang secara cermat agar tidak kebingungan selama mengikuti proses lelang.

Salah satunya, perhatikan besaran uang jaminan yang harus disiapkan. Umumnya, uang jaminan termasuk ke dalam persyaratan lelang.

Cari juga informasi tentang bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) yang mungkin dikenakan pada transaksi tersebut.

Selain itu, periksa kewajiban pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) sebagai pemilik rumah baru nantinya. Kewajiban membayar PBB digunakan untuk pembiayaan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur serta layanan publik di lingkungan tempat tinggal.

 

7. Pilih Platform Lelang Tepercaya

Tidak kalah penting adalah memilih platform lelang tepercaya dan memiliki reputasi baik. Anda bisa mengunjungi kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang untuk mengetahui informasi lengkap tentang properti lelang yang tersedia.

Namun bila tidak ingin repot, Anda bisa memanfaatkan platform Info Lelang BRI yang akan memberikan layanan yang handal dan transparan dalam proses lelang properti.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

وَرَأَى الْمُجْرِمُونَ النَّارَ فَظَنُّوا أَنَّهُم مُّوَاقِعُوهَا وَلَمْ يَجِدُوا عَنْهَا مَصْرِفًا الكهف [53] Listen
And the criminals will see the Fire and will be certain that they are to fall therein. And they will not find from it a way elsewhere. Al-Kahf ( The Cave ) [53] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi