Rabu, 19/06/2024 - 01:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Teleskop ESA Menangkap Tempat Lahirnya Bintang Besar yang Jaraknya 1.300 Tahun Cahaya 

JAKARTA— Badan Antariksa Eropa (ESA) telah merilis gambar baru dari observatorium Euclid, yang menampilkan tempat lahir bayi bintang-bintang dalam jumlah besar. Dirilis pada Kamis (23/5/2024), gambar-gambar terbaru ini menambah koleksi surgawi observatorium yang menakjubkan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Euclid berada di awal perjalanan menariknya untuk memetakan struktur alam semesta,” kata Direktur Jenderal ESA, Josef Aschbacher, dilansir Outlook India,  Senin (27/5/2024). 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Ada lima gambar yang diterbitkan oleh ESA. Gambar-gambar ini diambil oleh Teleskop Euclid. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Dilansir Universe Magazine, gambar Euclid pertama menunjukkan gugus galaksi Abell 2390. Letaknya tiga miliar tahun cahaya dari Bumi dan terdiri dari 50 ribu galaksi. Di tengah foto, Anda dapat Melihat manifestasi indah pelensaan gravitasi dalam bentuk busur. Banyak di antaranya yang sebenarnya merupakan beberapa gambar dari objek jauh yang sama. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Foto kedua menunjukkan M78, wilayah pembentukan bintang aktif yang terletak 1.300 tahun cahaya dari Bumi. Dengan menggunakan kamera infra merahnya, Euclid melihat jauh ke dalam tempat kelahiran bintang ini, menyusun peta filamen-filamen kompleks gas dan debu yang belum pernah ada sebelumnya, dan juga menemukan bintang-bintang dan planet-planet yang baru terbentuk. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
BRGM Restorasi Gambut Seluas 1,8 Juta Hektare

Pada gambar ketiga, Anda dapat melihat galaksi spiral NGC 6744. Berkat resolusinya, Euclid mampu memetakan strukturnya secara detail. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Gambar keempat menunjukkan gugus galaksi Abell 2764 (kanan atas), terdiri dari ratusan galaksi-galaksi yang dikelilingi oleh lingkaran materi gelap yang sangat besar. Euclid menangkap banyak objek di wilayah langit ini, termasuk galaksi-galaksi latar belakang, gugus-gugus yang lebih jauh, dan galaksi -galaksi yang dikelilingi oleh lingkaran materi gelap yang sangat besar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Pada gambar kelima, Anda dapat melihat galaksi-galaksi yang berinteraksi di konstelasi Doradus. Mereka terletak pada jarak 50 juta tahun cahaya dari Bumi. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Teleskop Euclid diluncurkan tahun lalu dari Florida dan sejak itu telah menangkap gambar-gambar ini sebagian bagian dari tahap persiapan. Namun, misi utamanya adalah menyurvei alam semesta yang gelap. Terletak 1,6 juta kilometer dari Bumi, Euclid akan mengamati miliaran galaksi selama beberapa tahun ke depan, yang mencakup lebih dari sepertiga langit. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Siap-Siap, Jakarta akan Diguyur Hujan Disertai Petir pada Jumat Malam

Melalui Euclid, para ilmuwan berharap dapat memperoleh pemahaman lebih dalam tentang energi gelap dan materi gelap, yang merupakan mayoritas alam semesta dengan menganalisis bentuk dan ukuran galaksi-galaksi tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Di antara gambar-gambar yang baru dirilis tersebut terdapat gambaran mencolok dari Messier 78, sebuah tempat lahir bayi bintang-bintang raksasa yang terletak sekitar wilayah ini, mengungkap area baru pembentukan bintang. Satu tahun cahaya, setara dengan 5,8 triliun mil, menyoroti jarak-jarak yang sangat jauh yang dicakup oleh pengamatan Euclid. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 Sumber:

https://www.outlookindia.com/international/us/esa-telescope-captures-massive-cradle-of-stars-1300-light-years-away

https://universemagazine.com/en/colors-of-other-worlds-esa-published-amazing-images-taken-by-the-euclid-telescope/

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَاهُمْ لِيَتَسَاءَلُوا بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَائِلٌ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ ۚ قَالُوا رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَابْعَثُوا أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِ إِلَى الْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَا أَزْكَىٰ طَعَامًا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا الكهف [19] Listen
And similarly, We awakened them that they might question one another. Said a speaker from among them, "How long have you remained [here]?" They said, "We have remained a day or part of a day." They said, "Your Lord is most knowing of how long you remained. So send one of you with this silver coin of yours to the city and let him look to which is the best of food and bring you provision from it and let him be cautious. And let no one be aware of you. Al-Kahf ( The Cave ) [19] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi