Rabu, 19/06/2024 - 01:04 WIB

Teleskop ESA Menangkap Tempat Lahirnya Bintang Besar yang Jaraknya 1.300 Tahun Cahaya

JAKARTA— Badan Antariksa Eropa (ESA) telah merilis gambar baru dari observatorium Euclid, yang menampilkan tempat lahir bayi bintang-bintang dalam jumlah besar. Dirilis pada Kamis (23/5/2024), gambar-gambar terbaru ini menambah koleksi surgawi observatorium yang menakjubkan.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Euclid berada di awal perjalanan menariknya untuk memetakan struktur alam semesta,” kata Direktur Jenderal ESA, Josef Aschbacher, dilansir Outlook India,  Senin (27/5/2024).

Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Ada lima gambar yang diterbitkan oleh ESA. Gambar-gambar ini diambil oleh Teleskop Euclid.

Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Dilansir Universe Magazine, gambar Euclid pertama menunjukkan gugus galaksi Abell 2390. Letaknya tiga miliar tahun cahaya dari Bumi dan terdiri dari 50 ribu galaksi. Di tengah foto, Anda dapat Melihat manifestasi indah pelensaan gravitasi dalam bentuk busur. Banyak di antaranya yang sebenarnya merupakan beberapa gambar dari objek jauh yang sama.

ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Foto kedua menunjukkan M78, wilayah pembentukan bintang aktif yang terletak 1.300 tahun cahaya dari Bumi. Dengan menggunakan kamera infra merahnya, Euclid melihat jauh ke dalam tempat kelahiran bintang ini, menyusun peta filamen-filamen kompleks gas dan debu yang belum pernah ada sebelumnya, dan juga menemukan bintang-bintang dan planet-planet yang baru terbentuk.

Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
BRGM Restorasi Gambut Seluas 1,8 Juta Hektare

Pada gambar ketiga, Anda dapat melihat galaksi spiral NGC 6744. Berkat resolusinya, Euclid mampu memetakan strukturnya secara detail.

Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Gambar keempat menunjukkan gugus galaksi Abell 2764 (kanan atas), terdiri dari ratusan galaksi-galaksi yang dikelilingi oleh lingkaran materi gelap yang sangat besar. Euclid menangkap banyak objek di wilayah langit ini, termasuk galaksi-galaksi latar belakang, gugus-gugus yang lebih jauh, dan galaksi -galaksi yang dikelilingi oleh lingkaran materi gelap yang sangat besar.

Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Pada gambar kelima, Anda dapat melihat galaksi-galaksi yang berinteraksi di konstelasi Doradus. Mereka terletak pada jarak 50 juta tahun cahaya dari Bumi.

Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Teleskop Euclid diluncurkan tahun lalu dari Florida dan sejak itu telah menangkap gambar-gambar ini sebagian bagian dari tahap persiapan. Namun, misi utamanya adalah menyurvei alam semesta yang gelap. Terletak 1,6 juta kilometer dari Bumi, Euclid akan mengamati miliaran galaksi selama beberapa tahun ke depan, yang mencakup lebih dari sepertiga langit.

Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Siap-Siap, Jakarta akan Diguyur Hujan Disertai Petir pada Jumat Malam

Melalui Euclid, para ilmuwan berharap dapat memperoleh pemahaman lebih dalam tentang energi gelap dan materi gelap, yang merupakan mayoritas alam semesta dengan menganalisis bentuk dan ukuran galaksi-galaksi tersebut.

Di antara gambar-gambar yang baru dirilis tersebut terdapat gambaran mencolok dari Messier 78, sebuah tempat lahir bayi bintang-bintang raksasa yang terletak sekitar wilayah ini, mengungkap area baru pembentukan bintang. Satu tahun cahaya, setara dengan 5,8 triliun mil, menyoroti jarak-jarak yang sangat jauh yang dicakup oleh pengamatan Euclid.

Bayar Jalan tol dengan Pencard