Senin, 17/06/2024 - 05:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Panca, Pembunuh Empat Anak di Jagakarsa Didakwa Pasal Berlabis

 JAKARTA — Tersangka kasus pembunuhan terhadap empat anak kandung di kosan kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Panca Darmansyah (41 tahun) menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (29/5/2024). Sidang itu dengan agenda pembacaan dakwaan dari jaksa penuntut umum (JPU).

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam persidangan itu, Panca didakwa dengan pasal berlapis, mulai pembunuhan berencana, penganiayaan, hingga kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). JPU menyampaikan tujuh poin pasal dakwaan yang menjerat Panca berdasarkan dakwaan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Baca: Mengenal Jampidmil, Jenderal yang Bertugas di Kejagung

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Dari tujuh poin tersebut, sebanyak empat poin pasal berkaitan dengan kasus pembunuhan terhadap keempat anak kandungnya berinisial VA (6 tahun), SP (4), AR (3), dan AS (1). Kemudian sebanyak tiga pasal terkait dengan kasus KDRT terhadap istrinya berinisial DM.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Bahwa terdakwa Panca Darmansyah dengan sengaja dan dengan rencana lebih dan merampas nyawa orang lain,” ucap JPU Andy Jaya Aryandi dalam sidang pembacaan dakwaan di PN Jaksel, Rabu (29/5/2024). JPU juga menilai Panca telah melanggar Pasal 338 KUHP berkaitan pembunuhan terhadap anaknya atau sengaja merampas nyawa orang lain dimaksud dalam dakwaannya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Laporan Dugaan Korupsi Desa Silima Banua Macet di Kejari Gunungsitoli

Panca juga dinilai telah melakukan perbuatan sebagaimana diatur dalam Pasal 76 C juncto 80 Ayat (4) Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang penetapan Perppu Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi UU. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Baca: Kapolda Jateng dan Danrem Pamungkas Itu Bersaudara Lho!

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Kemudian, JPU menganggap, perbuatan Panca membunuh anaknya juga telah melanggar Pasal 44 Ayat (3) UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang PKDRT. Tersangka didakwa telah melakukan perbuatan kekerasan fisik dalam lingkup rumah tangga mengakibatkan matinya korban. “Terdakwa Panca Darmansyah melakukan perbuatan kekerasan fisik dalam lingkup rumah tangga,” ucap Andy.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Nonton Timnas Tanding, Penonton dan Volunteers Ikut Bersih Bersih Sampah GBK

Selanjutnya, Panca juga didakwa atas kasus KDRT terhadap istrinya. Andy menyebut, perbuatan terdakwa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 44 ayat (1) UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan KDRT.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Panca terhadap istrinya dinilai telah melanggar Pasal 351 ayat (2) KUHP tentang penganiayaan sambil Jaksa menjelaskan unsur melakukan penganiayaan yang mengakibatkan luka-luka berat dimaksud,” jelas Andy.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurut Andy, Panca telah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 44 ayat (4) UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Panca hadir di persidangan di PN Jaksel dengan raut wajah datar di persidangan sambil mengenakan sandal jepit. Dia tampak kusyuk mendengarkan dakwaan padanya.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا الكهف [107] Listen
Indeed, those who have believed and done righteous deeds - they will have the Gardens of Paradise as a lodging, Al-Kahf ( The Cave ) [107] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi