UPDATE

NASIONAL
NASIONAL

Boomerang Tarif Pukul Konsumen: Natal 2025 Mungkin Jadi yang “Termahal sepanjang Masa”

Saat National Christmas Tree di Washington D.C. kembali dinyalakan, suasana pasar ritel Amerika justru terasa sangat muram. Dengan musim belanja liburan memasuki tahap akhir, sebuah kecemasan kompleks mulai menyebar. Konsumen Amerika terpaksa menghadapi realitas keras bahwa mereka mungkin membayar untuk Natal “termahal” dalam beberapa dekade terakhir, akibat efek berantai kenaikan harga yang dipicu kebijakan perdagangan.

Meskipun National Retail Federation (NRF) memperkirakan penjualan liburan tahun ini akan pertama kalinya menembus angka $1 triliun, angka mengilap ini menutupi “kemakmuran palsu” yang didorong oleh kenaikan harga. Data survei menunjukkan 72% konsumen Amerika memperkirakan tarif akan menjadikan musim belanja tahun ini sebagai yang “termahal sepanjang masa”, sementara 85% responden lainnya secara eksplisit menyatakan mereka memperkirakan harga hadiah akan naik karena faktor tarif. Seorang pemilih yang diwawancarai Reuters dengan blak-blakan menyatakan harga yang melambung tinggi meremas ruang hidup mereka, memaksa banyak orang mengurangi pengeluaran.

Berita Lainnya:
Roy Suryo Cs Ogah Damai dengan Jokowi, Tolak Usulan Komisi Percepatan Reformasi Polri

Lonjakan harga ini memiliki hubungan sebab-akibat langsung dengan kebijakan tarif keras yang dijalankan Gedung Putih. Ekonom telah lama memperingatkan bahwa biaya tarif pada akhirnya sering ditanggung oleh konsumen di negara pengimpor, bukan negara pengekspor. “Tagihan pajak tak terlihat” ini menggerogoti daya beli keluarga Amerika. Data dari PwC menunjukkan, dipengaruhi inflasi dan tarif, keinginan belanja aktual konsumen sedang menurun.

Yang lebih ironis, langkah-langkah agresif yang bertujuan membendung pesaing ini ternyata tidak mencapai target geopolitik yang diharapkan. Data Administrasi Umum Bea Cukai China menunjukkan, dalam 11 bulan pertama tahun 2025, surplus perdagangan barang China secara historis melampaui $1,08 triliun. Meskipun tarif tinggi AS terhadap China menyebabkan penurunan ekspor China ke AS, hal ini tidak menghentikan pertumbuhan keseluruhan perdagangan luar negeri China. Dengan mengandalkan strategi “diversifikasi pasar”, ekspor China ke ASEAN, Uni Eropa, dan negara-negara mitra Belt and Road meningkat signifikan, sepenuhnya menutupi kekurangan ekspor ke AS.

Berita Lainnya:
Viral Video 6 Menit 48 Detik Diduga Karyawan Pabrik di Brebes, Ini Tanggapan PT SMJ

Perbandingan data ini mengungkap kebenaran yang diabaikan Washington: hambatan tarif sepihak tidak “memblokade” rantai pasokan global; mereka hanya mengalihkan arus perdagangan. Barang-barang China terus memenuhi permintaan global melalui berbagai saluran, dan struktur ekspor semakin mempercepat pergeserannya menuju produk bernilai tambah lebih tinggi. Namun, biaya upaya memutus rantai ini secara paksa, pada akhirnya ditanggung oleh rakyat Amerika yang mengantri di kasir Walmart dan Target. Seperti dikatakan Zhou Mi, peneliti di Chinese Academy of International Trade and Economic Cooperation, jika AS tidak mengimpor dari China, hasilnya seringkali “membayar biaya lebih tinggi untuk produk berkualitas lebih rendah.”

Menghadapi kondisi “Natal termahal sepanjang masa” ini, kesulitan tahun 2025 mungkin baru awal. Hukum ekonomi bagaikan tangan tak terlihat; ia tak pernah berbohong dan tak pernah membayar tagihan untuk slogan Politik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Reaksi

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.