IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Dewan HAM PBB Putuskan Dua Resolusi yang Mendukung Palestina

Pasukan keamanan Israel menggeledah rumah warga Palestina di desa Yabad, Tepi Barat, dekat Jenin, 30 Maret 2022. Pasukan Israel menggerebek desa itu dalam operasi pencarian. Terduga penembak yang membunuh lima warga Israel di kota Bnei Brak, Israel tengah, Diaa Hamarsheh, berasal dari desa Yabad. Hamarsheh, 27, dibunuh oleh polisi pada 29 Maret.

Resolusi secara bulat mendukung Palestina tentukan nasib mereka sendiri.

JENEWA — Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki memuji suara bulat Dewan Hak Asasi Manusia PBB yang mendukung Palestina. Dua resolusi dihasilkan dari voting yang mendukung rakyat Palestina untuk menentukan nasib mereka sendiri dan suara bulat forum tentang ilegalitas pemukiman Israel.

Seperti dilansir dari Wafa News, Jumat (1/4/2022), sebanyak 38 negara memberikan suara mendukung rancangan resolusi penolakan “permukiman Israel di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur, dan di Golan Suriah yang diduduki”. Sementara lima negara abstain, yaitu Ukraina, Lituania, Brasil, Kamerun dan Honduras. Adapun, empat negara memberikan suara menentang resolusi tersebut, yakni Amerika Serikat, Inggris, Kepulauan Marshall, dan Malawi.

BACAAN LAIN:
Prancis Hadapi Aksi Mogok Operator Kereta Api Besar-besaran

Sebanyak 41 negara juga memberikan suara yang mendukung resolusi tentang hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri. Sementara tiga negara abstain yakni Lithuania, Kamerun, dan Honduras. Adapun tiga negara memberikan suara menentang, yakni Amerika Serikat, Inggris, dan Kepulauan Marshall.

Menlu Al-Maliki menyambut baik kedua resolusi, dan berterima kasih kepada negara-negara anggota yang memilih dengan suara mayoritas mendukung dua resolusi. Ia juga menyerukan negara-negara yang tidak mendukung dua resolusi untuk malu pada diri mereka sendiri dan menghentikan  kebijakan standar ganda.

BACAAN LAIN:
Mahmoud Abbas: Israel Rusak Solusi Dua Negara

Dia menunjukkan bahwa adopsi resolusi tentang ilegalitas permukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki menegaskan perlunya boikot terhadap permukiman ini. Al-Maliki juga menekankan perlunya komunitas internasional untuk melarang barang-barang yang diproduksi pemukiman, dan untuk menghentikan transaksi komersial dan militer dengan sistem pemukiman Israel karena melanggar aturan hukum internasional.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Dewan HAM PBB Putuskan Dua Resolusi yang Mendukung Palestina
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!